FORUM BISNIS RUSIA-INDONESIA

Moskow, Indikatornews.com
Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Sandiaga Uno memaparkan potensi investasi di Jakarta dalam Forum Bisnis Rusia-Indonesia 2018 di Gedung World Trade Center, Moskow, Rusia pada Kamis (2/8) waktu setempat. Wagub Sandiaga menuturkan skema investasi di Jakarta terbuka lebar dan memiliki sistem yang baik melalui Jakarta Investment Center di Mal Pelayanan Publik. Wagub Sandiaga menyebut skema investasi langsung maupun tidak langsung akan lebih mudah melalui Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau PPP (Public Private Partnership) sehingga investasi tersebut juga dapat semakin membuka lapangan kerja.

“Sebagai mantan pebisnis, saya memahami masih banyak aspek birokrasi yang harus dibenahi agar dapat dihasilkan kesederhanaan terutama terkait dengan perizinan dan pengembangan usaha. Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta sedang berikhtiar untuk dapat melakukan perbaikan prosedur dan regulasi kemudahan wirausaha,” ucapnya lebih lanjut.

Wagub Sandiaga turut menyampaikan beberapa indikator ekonomi yang memperlihatkan prospek baik dari potensi ekonomi Jakarta. Iapun menegaskan kondisi iklim perekonomian ini akan semakin positif bila Pemerintah Pusat berhasil mengendalikan gejolak peredaran mata uang (currency).

“Jakarta akan fokus pada investasi yang terkait Human Development bukan hanya infrastruktur. Pembangunan kota yang menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya dan mendukung program affordable living. Tidak hanya di bidang jasa dan infrastruktur, namun juga di bidang pariwisata khususnya untuk kawasan Kepulauan Seribu yang merupakan Maldives-nya Indonesia,” terang Wagub Sandiaga.

Perlu diketahui, berdasarkan data Badan Koordinasi Penamanan Modal, DKI Jakarta mampu menerima investasi sebesar 106,8 triliun rupiah pada tahun 2017 yang terdiri dari 61,3 triliun rupiah investasi asing dan 47,3 triliun rupiah investasi domestik. Pada tahun 2018, investasi yang ditanamkan ke DKI Jakarta diharapkan meningkat secara signifikan untuk menunjang pembangunan dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

Forum ini juga turut dihadiri oleh Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »