Imigrasi Jakpus Layani 500 Pemohon Paspor Perhari

Jakarta, Indikatornews.com – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Jakarta Pusat terus  berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam hal pembuatan paspor. Bahkan kuota perharinya di Kanim tersebut sebanyak 500 paspor.

“Perharinya di Kanim ini, kita layani 500 pemohon paspor secara online,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat Is Edy Eko Putranto, saat di temui di ruang kerjannya, Selasa (13/3).

Kakanim Jakarta Pusat menjelaskan, bahwa Kantor Imigrasi Jakarta Pusat saat ini memiliki 10 booth, dalam satu hari masing-masing booth tersebut dapat melayani sebanyak 50 pemohon. Jadi kalau 10 booth yang ada, maka dalam satu hari sebanyak 500 pemohon paspor bisa terlayani, ujar Eko.

Mantan Kanim Bekasi ini juga mengaku tidak ada kendala dalam memberikan pelayanan  bagi para pemohon paspor yang jumlahnya begitu besar perharinya, ini semua di dukung dengan Sumber Daya Manusia yang handal.

“Alhamdullilah kita memberikan pelayanan dengan jumlah yang cukup besar tidak ada kendala, semua itu berjalan dengan lancar. Terkait mengenai antrian, di Kanim Jakarta Pusat ini masyarakat diberikan kemudahan dengan mengakses program paspor online melalui android atau WhatsApp Messenge,” jelasnya.

Eko menyebutkan, menggunakan sistem online melalui WhatsApp ini, tak lain untuk memberikan memudahkan bagi masyarakat dalam mengakses layanan permohonan paspor.

Untuk itu Eko juga meminta agar masyarakat yang membutuhkan paspor, agar jauh-jauh hari bisa mengakses layanan sistem online tersebut, serta menyiapkan data-data yang dibutuhkan untuk pengurusan paspor, sehingga tidak terburu-buru.

Mantan Kakanim Kelas II Pati ini juga menyinggung mengenai pelayanan terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang berkunjung ke Jakarta, dimana Kantor Imigrasi Jakarta Pusat mendukung pemerintah terkait dengan iklim investasi di Indonesia, yaitu memberikan kemudahan dan pelayanan secepat mungkin dalam pengurusan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) yang dapat dilakukan secara online.

“Tapi dengan catatan apabila seluruh persyaratan pembuatan Kitas tersebut sudah terpenuhi, maka proses pengajuan pembuatan KITAS,bisa selesai tidak lebih dari dua hari kerja,” tegas Eko.

Selanjutnya ia menyebutkan bahwa Kantor Imigrasi Jakarta Pusat sampai saat ini terus berbenah, baik itu dari kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada, maupun dari segi sarana dan prasaran pendukung pelayanan lainnya, seperti halnya, penataan lay out ruangan, pelayanan foto dan wawancara, ruang tunggu pemohon, serta Kanim Jakarta Pusat juga menyediakan tempat bermain anak, sehingga pemohon saat menunggu antrian dapat dirasakan kenyamanannya, tambah Eko.(Vn)

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »