IMPLEMENTASI KSBB, WAGUB ARIZA TINJAU PENYERAHAN DONASI MELALUI BAZNAS BAZIS DKI

Indikatornews.com

Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) merupakan gerakan membantu sesama dari masyarakat untuk masyarakat DKI Jakarta dengan menghubungkan masyarakat pemberi dan penerima bantuan. Program KSBB Pemprov DKI Jakarta dibentuk berdasarkan keyakinan bahwa masyarakat Jakarta memiliki semangat kesetiakawanan dan kebersamaan yang sangat kuat, meski sedang dalam masa PSBB dan pandemi COVID-19. Hal ini semakin menguat saat Bulan Ramadan, yang seringkali menjadi momentum untuk berbagi dengan sesama.

Kali ini, Pemprov DKI Jakarta sebagai penyedia platform KSBB dan Baznas Baziz DKI Jakarta sebagai agregator program KSBB menyalurkan langsung donasi dari PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) yang berpartisipasi dalam KSBB untuk 954 Kepala Keluarga (KK) di wilayah RW 05, Kelurahan Ragunan, Jakarta Selatan. Donasi berupa paket sembako tersebut secara simbolis diserahkan oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria kepada perwakilan warga setempat, antara lain pasutri tuna netra yang kesehariannya membuka usaha Panti Pijat Tuna Netra Seger Waras Berijazah, di RT 12 RW 05, Kelurahan Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis siang (21/5). Turut hadir dalam acara penyerahan bantuan tersebut Ketua Baznas Baziz DKI Jakarta, Luthfi Fathullah dan Walikota Jakarta Selatan, Marullah Mata’ali.

“Hari ini kami memberikan bantuan berupa sembako kepada warga di lingkungan wilayah Jakarta Selatan dari Baznas Baziz DKI Jakarta yang disampaikan oleh para pengusaha yang merupakan implementasi dari pada program KSBB. Sejak bulan April yang lalu di awal kami sudah membentuk program ini. Dan kami mengajak para pengusaha juga pribadi yang ingin membantu warga Jakarta yang terdampak langsung atau tidak langsung, akibat adanya penyebaran virus Corona,” jelas Wagub Ariza usai melakukan peninjauan penyerahan donasi.

Platform KSBB diharapkan mampu mengintegrasikan niat-niat baik masyarakat DKI Jakarta dan mampu menjadi model kolaborasi yang bahkan bisa diaplikasikan di bulan-bulan selanjutnya, terlebih di masa pandemi COVID-19 ini. “Mudah-mudahan kegiatan bisa memotivasi para dunia usaha yang lain untuk berpartisipasi dan gotong royong. (Semoga) kegiatan pembagian sembako ini bisa meringankan beban warga Jakarta yang terdampak virus Corona. Dan kita akan terus secara berkala memberikan bantuan sembako kepada warga Jakarta yang membutuhkan,” ujar Wagub Ariza.

Perlu diketahui, penerima bantuan KSBB diprioritaskan terhadap RW, Yayasan Yatim Piatu, Pesantren, Panti Jompo, Panti Disabilitas, dan lokasi prioritas lainnya di Jakarta yang terdampak pandemi COVID-19. Donasi yang diberikan oleh PT JNE melalui Baznas Baziz DKI Jakarta dalam rangka program KSBB ini berupa paket sembako dikemas dalam 2 (dua) jenis, yakni:
1. Beras 5 kg, Minyak Goreng 1 liter, Sarden 5 kaleng.
2. Beras 5 kg, Minyak Goreng 1 liter, Gula 1 kg, Tepung Terigu 1 kg, 5 bungkus Mie Instan.

Selain meninjau penyerahan donasi program KSBB, Wagub Ariza juga melakukan peninjauan langsung penyerahan bantuan di sejumlah wilayah, antara lain:
1. Penyerahan bantuan dari Rumah Cinta Bela Negara kepada masyarakat sekitar yang berlangsung di Jalan Kikir, Kayu Putih, Jakarta Timur; dan Jalan Tipar Cakung, Inspeksi PPD, Cakung Barat, Jakarta timur. Bantuan tersebut berupa paket sembako dan daging ayam segar. Kegiatan ini berkolaborasi dengan BUMD DKI Jakarta, yakni Bank DKI, Food Station dan PD Dharma Jaya. Turut hadir di dua lokasi ini Walikota Jakarta Timur, Direktur Umum Dharma Jaya, Perwakilan Food Station dan Bank DKI.
2. Pembagian Bansos Pemprov DKI Jakarta Tahap 2 di RW 04 Kelurahan Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur. Turut hadir Walikota Jakarta Timur, Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, dan Direktur Umum Perumda Pasar Jaya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »