JALAN-JALAN KE RUSIA? Alasan dan saran agar liburan ke Rusia menyenangkan

Indikatornews.com

Buang jauh-jauh bayangan film “spy” era tahun 70-an yang menggambarkan kekerasan mata-mata Rusia. Rusia kini, khususnya kota Moskow, St. Petersburg dan beberapa kota lainnya adalah kota cantik yang menawarkan beragam keindahan dan atraksi menarik. Wisatawan hobi selfi sebaiknya mengosongkan memori gawai karena pasti akan sibuk berfoto ria sana sini.

Bila Anda penggemar makanan cepat saji, jangan khawatir. Masakan cepat saji yang biasa di temui di Jakarta juga tersebar di setiap Mal yang ada. Begitu pula dengan makanan halal, tidak sulit mencarinya. Beberapa negara persemakmuran, pecahan Uni Soviet, adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Jadi, cari saja restoran Tajikistan, dlsb. Sayangnya, belum ada restoran Padang di sana. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan, kurang lebih setara dengan harga makanan di Jakarta. Tinggal periksa isi dompet saja.

Bangunan bersejarah yang indah dan bahkan cantik dengan bentuk kubah-kubahnya yang warna warni seperti kembang gula serta pemandangan alamnya, dijaga dengan baik oleh pemerintah maupun penduduknya. Anda juga bisa mencoba baju bangsawan Rusia yang sesungguhnya dan lalu bebas berselfi ria di salah satu ruang Istana sesuai gaya yang Anda inginkan, asal tidak merusak properti Istana. Walaupun setiap musim mempunyai keunikan dan keindahannya sendiri, sebaiknya hindari musim semi. Konon, musim semi ketika salju mencair, jalanan di Rusia agak becek dan berlumpur. Entah betul entah tidak, sebaiknya dicek dengan baik bila memutuskan liburan pada waktu tersebut. Anda tentu tidak ingin foto selfinya terlihat seperti berlibur di jalanan becek dan licin

Warga Rusia tidak terbiasa dengan senyum. Kebudayaan mereka, khususnya generasi “Old” membuat mereka tidak terbiasa untuk tersenyum. Mereka hanya tersenyum bila benar-benar harus tersenyum. Jadi, jangan tersinggung bila Anda tidak mendapatkan senyum sebagaimana di tanah air sendiri. Bersabarlah sedikit dan perhatikan dengan seksama, sebetulnya mereka juga sangat “helpful”.

 

Sebelum kita berangkat, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar acara jalan-jalan di Rusia tidak mengecewakan dan Anda kembali ke Indonesia dengan segudang kenangan indah.

 

TRANSPORTASI

  1. Bis wisata : Ingatlah bahwa Anda dilarang makan dan minum dalam bis. Anda juga dilarang berdiri selagi bis berjalan karena kamera terdapat dimana-mana, demi menjaga keamanan dan ketertiban kota. Pengemudi bis bisa kena denda yang lumayan tinggi bila kedapatan membiarkan penumpangnya berdiri/berjalan dalam bis wisata yang sedang melaju.
  2. Kereta Api : Alamnya yang lumayan keras dan dingin membuat warga terbiasa bekerja keras dan cepat. Ingatlah bahwa pintu kereta api hanya terbuka selama 1 menit saja, kecuali di beberapa tempat tertentu. Jadi, bersiaplah sebelum turun/naik dan jangan berjalan lambat supaya tidak tertinggal atau terbawa ke stasiun berikutnya.
  3. Jaga kebersihan : Baik di dalam bis, kereta atau dimanapun Anda berada. Buanglah sampah pada tempatnya karena membuang sampah sembarangan bisa jadi masalah serius.

HOTEL

  1. Beberapa hotel budget tidak menyediakan sarapan tetapi biasanya ada/dekat café untuk membeli sarapan. Pastikan Anda sarapan dengan baik agar tidak masuk angin atau merasa kedinginan terutama di musim gugur dan di musim dingin, serta cukup energi untuk berjalan kaki di setiap lokasi wisata, menikmati setiap keindahan yang ada.
  2. Kita tidak perlu bawa adaptor untuk gawai atau perangkat elektronik karena listriknya sama dengan Indonesia

 

LOKASI WISATA

  1. Pastikan Anda tidak terganggu oleh pendatang yang mencari uang dengan cara kurang baik, begitu sampai di semua lokasi yang ada. Jangan langsung mau difoto bersama mereka yang mengenakan kostum tradisional atau foto bersama burung kakaktua atau tawaran berfoto menarik lainnya, tanpa bertanya biayanya. Hal ini sangat penting karena bila Anda terpancing membuat foto tanpa tawar menawar, Anda akan sangat kecewa atau merasa diperas.
  2. Beberapa bangunan bersejarah yang sangat cantik dan indah untuk dikunjungi, adalah gereja Kristen Ortodoks. Bila hendak melihat keindahan dekorasi bagian dalam, wanita diharuskan mengenakan kerudung/penutup kepala. Untuk yang tidak berhijab, bawalah pashmina yang bukan hanya berguna melindungi diri dari udara dingin tetapi juga bisa dikenakan sebagai penutup kepala.
  3. Bangunan Masjid terbesar dan bersejarah juga menarik untuk dikunjungi. Untuk kaum wanita yang akan shalat di Masjid, perlu mengetahui bahwa mukena tidak dikenal di sana. Jangan lupa bawa mukena. Untuk yang tidak membawa mukena, dapat mengenakan jubah yang dilengkapi penutup kepala
  4. Beberapa bangunan bersejarah atau museum, menarik biaya masuk. Biasanya berkisar antara 400-900 rubel.
  5. Bila kesulitan mendapatkan rubel di Indonesia, bawalah mata uang dollar atau euro untuk ditukarkan dengan mudah
  6. Toko souvenir dan penjaja makanan lebih menyukai pembayaran dengan kartu kredit, walaupun belanjaan kita tidak mahal. Pastikan kartu kredit Anda sudah memakai PIN karena umumnya, pembayaran dengan kartu kredit yang belum memakai PIN, ditolak. Umumnya, kita juga harus menggesek/meletakkan sendiri kartu kredit kita ke alat pembayaran. Jangan khawatir bila belum terbiasa karena mereka akan membantu Anda. Sekali bisa, kita akan terbiasa.
  7. Sama dengan di Indonesia, kebanyakan kamar kecil menerapkan biaya. Biasanya antara 30-60 Rubel. Membawa tissue basah sendiri, sangat dianjurkan.
  8. Ingat ya, jangan pernah memotret atau berselfi ria di dalam toko souvenir/lukisan. Mereka bisa sangat marah. Beberapa bangunan gereja ortodoks mengijinkan Anda memotret bagian dalam gedung tetapi dilarang memotret manusia termasuk selfi di dalam gedung. Tentu saja, tidak masalah untuk berselfi ria di area luar gedung
  9. Pastikan bahwa kita selalu tertib dalam mengikuti antrian dan selalu juga dalam menjaga kebersihan.

 

Dengan mengetahui semua tips di atas, niscaya jalan-jalan ke Rusia menjadi liburan yang penuh kenangan indah.

Kota mana saja di Rusia yang menarik untuk dikunjungi?

(bersambung)


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »