JALAN-JALAN KE RUSIA : KOTA – KOTA YANG MENARIK UNTUK DIKUNJUNGI

Indikatornews.com

MOSKOW

Sebagai ibukota Rusia, konon Moskow adalah kota kedua terpadat di Eropa. Mengingat banyaknya kegiatan dan fasilitas menarik yang ada, sangat disarankan untuk memeriksa dengan sungguh-sungguh itinerary perjalanan wisata yang akan Anda ikuti. Bila Anda penggemar seni dan budaya, sebaiknya luangkan waktu yang lebih di tempat tertentu dan hindari perjalanan wisata yang terlalu banyak menawarkan lokasi wisata untuk dikunjungi.

Moskow di waktu malam

  • Lapangan Merah

 

 

Lapangan Merah dilihat dari Zaryadye Park

Sebelum jalan-jalan ke Lapangan Merah, pastikan Anda sudah mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk berjalan. Tanpa sepatu yang nyaman, kita mungkin tidak kuat untuk menikmati aneka keindahan yang ditawarkan karena Lapangan Merah sangat luas. Terkenal dengan beberapa bangunan sejarahnya, Lapangan Merah wajib untuk dikunjungi. Sesungguhnya Lapangan Merah tidak ada hubungannya dengan kisah revolusi atau dengan temboknya yang berwarna merah karena dimasa lalu, tembok tersebut beberapa kali dicat putih. Konon, istilah atau nama merah berasal dari kata “krasnaya” yang berarti merah, sementara kata “krasnaya” sendiri terkait erat dengan kata “krasivaya” yang berarti cantik. Arti kata cantik tersebut lebih .ditujukan kepada bangunan St. Basil dengan kubah warna warninya yang seperti kue, Menara Spassky Istana Kremlin, dan bangunan-bangunan cantik lainnya seperti katedral Kazan.

Salah satu area Lapangan Merah…

Mal GUM yang terletak di sebelah Katedral Kazan, menawarkan aneka produk merk terkenal dari seluruh dunia. Bila dompet kita tipis, janganlah kecewa karena arsitektur bangunan Mal nya sendiri merupakan tontonan yang menarik. Kenikmatan es krim di mal ini sangat terkenal dan bisa dinikmati dengan harga 100 rubel. Makanan yang ditawarkan di food court nya pun enak dengan harga serupa harga makanan di mal-mal Jakarta.

Mal GUM

 

  • ZARYADYE PARK

 

Taman seluas 78.000 meter persegi yang pernah dinobatkan sebagai salah satu taman urban terbesar di dunia, diresmikan oleh Presiden Putin tahun 2017.  Zaryadye Park dapat dicapai dengan jalan kaki dari Lapangan Merah.

 

Dilengkapi dengan beberapa bangunan modern, taman ini juga merupakan tempat diselenggarakannya aneka pameran pendidikan, sejarah Rusia, pemutaran film budaya Rusia, konser musik, dan lain sebagainya. Di sini kita juga bisa nonton film 4-D “Flight Over Russia” yang membuat penonton seolah terbang ke Laut Baltik.

 

Di taman Zaryadye kita dapat melihat keindahan Lapangan Merah dan perpaduan kota modern dengan bangunan antik, dari balik dinding kaca jembatan “apung” di atas Sungai Moskow. Suguhan keindahan Moskow dari jembatan apung ini dapat dinikmati dengan gratis.

Zaryadye Park

 

  • ARBAT STREET

Terletak di pusat kota, jalan khusus pejalan kaki sepanjang 1 km ini sudah ada sejak abad 15. Ditepi jalan, kita bisa melihat para pelukis dengan karya seninya. Di sepanjang jalan pun dapat ditemui aneka toko cindera mata. Jangan terkejut bila beberapa pramuniaga salah satu toko cindera mata berusaha menyambut kita dengan Bahasa Indonesia. Seperti juga dibeberapa toko suvenir lainnya, kepiawaian tawar menawar diperlukan.

Arbat Street

 

  • UNIVERSITAS NEGERI MOSKOW (MGU)

 

Keindahan kota juga dapat dilihat dari halaman kampus yang terletak di daerah perbukitan kota Moskow. Sayangnya, lobby kampus yang konon sangat indah tertutup untuk umum. Mampir ke halaman kampus yang indah untuk sekedar berfoto, cukup menyenangkan terutama bagi yang hobi berselfi ria.

Universitas Negeri Moskow (MGU)

 

  • ISTANA TSARITSYNO

 

Istana ini mulai dibangun tahum 1776 dan sempat terhenti selama 200 tahun sebelum akhirnya diselesaikan pembangunannya sekitar tahun 2005. Istana ini juga berfungsi sebagai museum seni, dilengkapi dengan hutan buatan, taman dan danau yang indah. Halaman istana seringkali jadi tempat foto pernikahan bagi banyak pasangan. Bertemu dan bertegur sapa dengan banyak pasangan yang mengenakan gaun pengantin, merupakan kebahagiaan tersendiri.

Istana Tsaritsyno

Seperti umumnya museum, pengunjung dikenakan biaya masuk dan dengan tambahan 400 rubel, kita bisa mengenakan baju-baju kaisar Rusia serta berfoto-foto di dalam istana. Untuk yang malas berjalan tersedia mobil golf dengan biaya yang lumayan tinggi.

Istana Tsaritsyno

 

  • BELAYA DACHA FACTORY OUTLET

 

Beragam produk lokal dan internasional dari merk terkenal dapat dijumpai di sini dengan harga lebih murah dibandingkan harga mal.

Es krim Moskow yang terkenal..

 

  • GRAND MOSQUE MOSCOW

 

Masjid terbesar di Moskow nan megah, terletak di pusat kota dekat Stadium Olimpiade Musim Panas ke-22 tahun 1980. Memasuki Masjid, kita disambut dengan pemeriksaan keamanan yang baik. Untuk wanita tidak berhijab yang ingin shalat, dipersilakan mengenakan jubah yang tersedia di area pemeriksaan keamanan, karena mukena tidak dikenal di Rusia.

Grand Mosque Moscow

 

  • IZMAILOVO

 

Terletak di samping Kremlin, pasar izmailovo merupakan pusat penjualan aneka cindera mata dan kerajinan Rusia. Aneka kerajinan dari negara-negara pecahan Uni Soviet atau Asia tengah juga tersedia di pasar ini. Konon, pasar ini sudah ada sejak abad 17. Sebelum mengunjungi pasar ini, sebaiknya periksa dulu harga souvenir yang dijual di hotel agar dapat menawar dengan baik. Berbeda dengan di tanah air, harga souvenir yang dijual di hotel-hotel di Rusia, seringkali lebih murah dari toko-toko souvenir yang ada di luar hotel. Tawar menawar harga souvenir, baik di hotel maupun di toko souvenir lainnya termasuk yang ada di pasar Izamailovo bisa jadi kegiatan yang menyenangkan.

 

Pasar Izmailovo

 

Pasar Izmailovo

St. Petersburg, kota elegan sejak dulu

(bersambung)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »