Jokowi memperingati Hari Guru Sedunia semasa pandemi

Indikatornews.com

Pada setiap tanggal 5 Oktober, seluruh warga dunia kini sedang memperingati Hari Guru Sedunia.

Banyak orang yang bertanya, bukannya hari guru itu diperingkatkan setiap 25 November?

Sesuai dengan yang sudah diploklamirkan UNESCO, pada tanggal 5 Oktober dicatat sebagai Hari Guru Sedunia ( World Teacher’s Day).

Penetapan Hari Guru Sedunia ini bertepatan dengan penandatanganan dokumen penting UNESCO terkait status guru di seluruh dunia.

Tujuan dari diperingatinya hari guru sedunia adalah untuk memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi pada masa depan ditentukan oleh keberhasilan para guru di seluruh dunia.

Memperingati Hari Guru Internasional, Presiden Jokowi mengatakan,”di saat pandemi Covid-19 ini, dunia pendidikan tidak boleh berhenti.”

Selain menyampaikan himbauan kepada para guru, Presiden Jokowi juga memberikan ucapan terimakasih kepada para guru dalam dunia pendidikan.

“Pandemi menghentak dunia dan banyak kegiatan terpaksa ditunda atau dikurangi. Namun, satu yang harus tetap berjalan: pendidikan bagi generasi penerus kita. Terima kasih kepada para guru untuk dedikasi dan ketangguhan mereka mengemban tugas di tengah tantangan berat ini,” tulis Jokowi dilansir dari laman resmi twitternya, @jokowi, Senin 5 Oktober 2020.

Selama pandemi ini mungkin begitu berat bagi seorang guru, karena harus mengajarkan murid-muridnya secara daring tanpa bertatap muka langsung. “ Sesungguhnya Allah tidak menurunkan penyakit kecuali menurunkan pula obatnya. Ada yang tahu, dan ada juga yang tidak tahu “ (H.R. Ahmad, shahih). (Dandy Dwi Adityo)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »