Jokowi Menulis

Indikatornews.com

Beberapa hari di awal tahun 2020 ini saya berkeliling, meninjau lokasi-lokasi banjir dan longsor di Jawa Barat, Banten, dan Jakarta. Saya melihat langsung penanganan tanggap darurat, pemenuhan logistik, evakuasi, pembukaan akses jalan, dan lain-lain. Alhamdulillah, semuanya berjalan cukup baik.

Akan tetapi, harus ada evaluasi total sistem pengendalian banjir dan bencana alam, dari hulu sampai hilir sehingga kita memiliki strategi besar jangka pendek, menengah, dan panjang.

Pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan kota harus berjalan beriringan menjalankan strategi itu. Itulah sebabnya kemarin saya mengundang para kepala daerah: Gubernur DKI, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Banten, Bupati Bogor, Bupati Lebak, dan Wali Kota Bekasi ke istana.

Jakarta sebagai Ibu Kota bukan daerah yang berdiri sendiri, tetapi dikelilingi oleh wilayah Jawa Barat dan Banten. Saya berharap semua bisa bekerja sama dengan baik. Tanpa kerja sama itu penyelesaiannya tidak komprehensif dan tidak bisa menyelesaikan masalah secepat-cepatnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »