Jokowi Menulis

Indikatornews.com

Pengembangan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium dimulai awal tahun 2020 ini. Pasarnya adalah wisatawan yang pengeluarannya lebih besar dari pengunjung kebanyakan. Untuk itu, kerapian, kebersihan, kenyamanan, dan keamanan bagi para wisatawan perlu ditata lebih terintegrasi.

Lima zona di Labuan Bajo yaitu Bukit Pramuka, Kampung Air, pelabuhan peti kemas dan dermaga penumpang, Kawasan Marina, dan Kampung Ujung harus jadi ruang publik yang tidak terputus sekaligus sebagai pusat aktivitas masyarakat di Labuan Bajo.

Masyarakat lokal harus dilibatkan dan menjadi bagian dari pembangunan yang kita kerjakan. Keahlian dan kompetensi mereka harus disesuaikan dengan kebutuhan industri pariwisata. Termasuk, usaha mikro, kecil, dan menengah setempat tidak ditinggalkan. Tenun, kopi, kerajinan, makanan khas bisa tumbuh. Atraksi budaya lokal, kesenian daerah juga harus semakin hidup dan menghidupkan area di Labuan Bajo.

Saya juga mendengar keluhan tentang sampah di laut, saya meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan gerakan pembersihan sampah. Sampah di darat juga begitu. Infrastruktur untuk pembuangan sampah harus segera diselesaikan.

Masih banyak hal yang harus dibenahi di Labuan Bajo ini. Jika semua aspek sudah selesai, rapi, dan tertata pada akhir tahun 2020, maka promosi secara besar-besaran segera kita lakukan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »