Jokowi Menulis

Indikatornews.com

Saya merasa senang dan bangga telah hadir — walau pun secara virtual — di tengah keluarga besar Institut Teknologi Bandung (ITB), siang tadi, dalam peringatan 100 tahun institusi pendidikan teknik tertua di Indonesia itu.

Di ITB inilah, Soekarno menimba ilmu dan kepemimpinan, Djuanda Kartawidjaja belajar dan membangun kecintaan pada tanah air, BJ Habibie mengawali jejak sebagai engineer, dan banyak tokoh besar bangsa yang lainnya lahir.

Selain masyhur sebagai perguruan tinggi teknik, ITB juga mengembangkan pendidikan seni, humaniora, dan kebudayaan. Kita mengenal Sjafei Sumardja yang giat mengembangkan pendidikan seni, musisi legendaris Indonesia Sam Bimbo, seniman I Nyoman Nuarta, atau Iskandar Alisyahbana, bapak sistem komunikasi satelit kita. Dan masih banyak lagi lulusan ITB lain.

Semua itu menunjukkan bahwa ITB sangat mewarnai perjalanan besar sejarah Indonesia. Harapan saya di tengah persaingan global yang semakin kompetitif, peran pendidikan tinggi termasuk ITB, harus semakin signifikan untuk menjadi pemandu perubahan besar, menggagas inovasi dan terobosan, dan membuat Indonesia semakin disegani dunia.

Selamat Ulang Tahun ke-100 Intitut Teknologi Bandung.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »