Koramil 1312-01/Kabaruan dan Posad Kabaruan Gelar Jumpaberlian di Desa Peret

Talaud, Sulawesi Utara, Indikatornews.com – Jumpaberlian atau Jum’at pagi bersih lingkungan merupakan kegiatan karya bhakti yang sudah terprogram dipelopori atau digagas oleh Babinsa yang berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk menentukan waktu dan tempat atau sasaran kegiatan.

Terkait hal tersebut maka pada hari Jum’at (25/10), Koramil 1312-01/Kabaruan lewat Babinsa Sertu Karunya Maitulung dan Posatgas Kabaruan yang dipimpin oleh Dan Posad, Letda Inf Yasir Nasurion bersama warga Desa Peret, Kec. Damau, dipimpin Kades Peret, Feliks Rembaen menggelar Jumat pagi bersih lingkungan atau lebih dikenal dengan istilah Jumpaberlian.

Ada beberapa tujuan digelarnya kegiatan tersebut yaitu untuk memberikan edukasi pada warga khususnya di desa binaan agar serius dan tanggap akan kebersihan lingkungan pemukiman. Terutama menentukan sentral atau titik pembuangan sampah, aliran air di waktu hujan sehingga tidak memicu wabah penyakit yang mengancam kesehatan warga. Lahan di pemukiman yang terlantar mendorong pemiliknya untuk merawat lagi atau setidaknya ditanami dengan tanaman dapur hidup untuk penunjang kebutuhan hidup.

Harapan ke depan, setiap warga lebih peduli kebersihan lingkungan, membangun kebersamaan dalam kegotong-royongan serta proaktif mendukung program pemerintah dalam kaitan tata lingkungan dan kebersihan lingkungan dan perilaku hidup sehat. (Red).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »