KUKUHKAN PASKIBRAKA DKI 2020, WAGUB ARIZA IMBAU ANGGOTA TETAP SEMANGAT KIBARKAN BENDERA DI TENGAH PANDEMI

Indikatornews.com

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengukuhan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi DKI Jakarta tahun 2020 di Balaikota DKI Jakarta, pada Kamis siang (13/8). Anggota paskibraka tahun ini merupakan anggota yang telah terpilih dan bertugas pada 2019. Hal tersebut karena tidak dilakukannya seleksi paskibraka tahun 2020 akibat pandemi COVID-19.

“Ada alasan kenapa tidak ada proses seleksi anggota Paskibraka tahun 2020, karena turunnya Surat Edaran dari Kemenpora RI untuk meniadakan kegiatan tersebut. Begitu juga dengan DKI Jakarta mengikuti arahan tersebut,” terang Wagub Ariza.

Meski demikian, upacara kemerdekaan akan tetap dilakukan dengan protokol kesehatan dan pembatasan petugas upacara sesuai pedoman yang telah ditetapkan pemerintah pusat. Untuk itu, Wagub Ariza berpesan bagi anggota paskibraka yang masih mendapat amanah untuk bertugas membawa sang saka merah putih agar tetap semangat menjalankan tugasnya.

“Jadi kepada Paskibraka DKI Jakarta 2020 diminta tidak berkecil hati karena tidak bisa tampil di Istana Negara, namun hikmah yang bisa kita ambil adalah memanfaatkan kesempatan kedua sebaik mungkin,” ujar Wagub Ariza.

Wagub Ariza turut mengingatkan agar pelaksanaan upacara secara disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (Mencuci tangan, Mengenakan masker, dan Menjaga jarak), baik sebelum dan sesudah berkegiatan.

“Kita sudah mendengarkan arahan dari presiden dan menpora bahwa dalam menjalankan prosesi upacara nanti jangan lupa untuk menjaga diri dengan menerapkan 3M tersebut. Semoga perayaan HUT RI tahun ini tetap semarak karena kita juga berjuang melawan COVID-19,” tambah Wagub Ariza.

Sementara itu, Kadispora DKI Jakarta, Achmad Firdaus menambahkan anggota Paskibraka tahun 2019 tersebut beruntung medapatkan kesempatan kedua untuk tampil lagi, meskipun dalam kondisi berbeda akibat COVID-19. Firdaus menilai untuk kesiapan anggota Paskibraka DKI untuk tahun ini tidak banyak karena mereka sudah memiliki pengalaman dalam mengawal bendera pusaka merah-putih pada tahun 2019.

“Mereka sudah rutin berlatih karena telah merasakannya sejak 2019, tidak hanya pas 17 Agustus. Tapi setiap kegiatan yang ada di DKI mereka terus diikutsertakan. Jadi ini bukan suatu hal dasar yang harus mereka pelajari dari awal,” ungkap Firdaus.

Untuk diketahui, Sebelumnya Wagub Ariza bersama jajaran dan delapan anggota Paskibra DKI yang akan dikukuhkan, mengikuti prosesi pengukuhan yang juga sedang berlangsung di Istana secara virtual melalui zoom meeting, sekaligus mendengarkan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo; dan Menteri Pemuda dan Olahraga(Menpora) RI, Zainudin Amali terkait pelaksanakan upacara harus dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Adapun delapan anggota Paskibra DKI Jakarta untuk tahun 2020 yang telah dikukuhkan, terdiri dari; Alexander Philip I. asal SMAK Penabur, M. Kautsar R. asal SMA Diponegoro 1, Fatih Gian G. F. R. SMA Angkasa 1, Rachel Emmanuel Miranda Putong asal SMA 1 PSKD, Dyffa Zasqya F. asal SMAN 80, Sulthan Muhammad Reza adal SMAN 101, serta Cahaya Candida saat ini kuliah di Universitas Tarumanegara, dan Elsie Felice B. P. G. yang kuliah di Universitas Padjadjaran.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »