KULINER INDONESIA YANG MENDUNIA

Indikatornews.com

Indonesia memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempahnya. Beragam macam aneka makanan dan minuman di tanah air tenyata dapat menarik perhatian yang luar biasa di berbagai belahan dunia.

Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama sangat mengenalkan beberapa kuliner di Indonesia seperti sate ayam, nasi goreng, bakso, ikan pepes, dan sambal tempe.

Berikut berbagai macam kuliner Indonesia yang mendunia :

  1. Rendang

Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat. rendang asli Indonesia ini memiliki tampilan yang berwarna kehitaman dan kering. Dalam proses pembuatan rendang menggunaka bumbun bawang putih, bawang merah, lengkuas, daun kunyit, daun jeruk, hingga cabe merah. Rendang biasanya dimasak selama 7 jam, karna tekstur di dalam dagingnya empuk dan juga rempah-rempahnya pun meresap hingga merata

Di lansir oleh food.detikcom rendang khas minang ini di nobatkan oleh CNN go’s sebagai makanan terenak di dunia. Di bulan september 2011 rendang naik hingga menjadi no.1,

  1. Gado-Gado

Gado-gado merupakan saladnya orang Indonesia. Gado-gado ini ternyata sudah terkenal di belahan dunia, bahkan sangat menyukainya.

Pembuatan gado-gado cukup mudah, dan bahan-bahannya pun mudah di temukan. Seperti, salad, labu, bunga kol, kangkung, kacang panjang, toge, irisan tempe, tahu, kentang rebus, telur rebus, dan butiran biji jagung rebus.

Dilansir oleh kompasiana, bahwa makanan gado-gado mengikuti perlombaan di negara Napoli tahun 2011. Di lomba tersebut gado-gado di nobatkan sebagai juara pertama dengan katagori tampilan sajian estetika pada pembuatan gado-gado.

  1. Sate Ayam

Dilansir dari greatnessindonesia.com sate pertama kali muncul di Indonesia pada abad ke-19. Bersamaan dengan datangnya para pedagang muslim dari India, Arab, dan Timur Tengah ke pulau Jawa.

Sate memiliki ciri khasnya masing-masing, sesuai dengan bahan dan bumbu serta selera lokalnya.

Sate ayam khas Indonesia di tahun 2015 mengikuti sebuah bazar amal di negara China. Di bazar tersebut Indonesia menjual dan mengenalkan berbagai macam kuliner di Indonesia salah satunya sate ayam. Dan juga di negara Jerman acara Frankfrut book fair 2015 Chef Ragil Wibowo menjadikan makanan sate ayam sebagai masakan nusantara.

Terbukti sate ayam menjadi peringkat ke-14 world’s 50 must delicius food hal ini di lansir oleh CNN Go’s di tahun 2011.

  1. Es Cemdol

Es cendol merupakan minuman khas Jawa Barat. rasa manis dan gurih dari es cendol enak di konsumsi saat cuaca panas dan gersang. Es cendol di Indonesia mudah ditemukan, biasanya di jual di pinggir sudut kota.

Asal usul dari cendol yakni dari kata ‘jendol’ yang berarti butiran-butiran hijau pada es cendol. Bahan utama pada cendol ini tepung beras yang sudah di saring menggunakan alat khusus, lalu di campur dengan gula marah dan santan agar manis.

Cendol ini, ternyata menjadi salah satu minuman pengantar di Asia Tenggara, dan juga sudah sukup terkanal di belahan internasional. Pada versi CNN Go’s es cendil ini mengalahkan berbagai produk minuman di belahan dunia seperti guiness, yakult, bir, wine, dan lainnya.

(Antania Hanjani)

 

 

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »