Lanjutan IBL 2020 Resmi Dibatalkan

Indikatornews.com

Pengelola liga memutuskan kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) yang semula akan berlangsung mulai 13-27 Oktober mendatang resmi dibatalkan, situasi pandemi Covid-19 di Indonesia yang tak kunjung mereda menjadi faktor pembatalan lanjutan IBL 2020.

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, memastikan bahwa keputusan ini sebagai bentuk dukungannya terhadap pemerintah dalam menuntaskan pandemi Covid-19.

“Seperti diketahui 13-27 Oktober mendatang akan dilangsungkan kelanjutan IBL yang sempat tertunda karena pandemi. Persiapan sudah dilakukan dan saat ini sudah tahap final.”

“Tapi di situasi terakhir, kami mau mendukung pemerintah terhadap upayanya di masa pandemi dan kami sudah melakukan diskusi internal bersama klub peserta bahwa musim IBL 2020 harus kita batalkan sementara,” kata Junas Miradiansyah pada konferensi pers di kantor Kemenpora, Rabu (7/10/20).

Junas mengatakan, pihaknya akan berkomunikasi dengan seluruh klub peserta IBL 2020 soal penentuan draft dan gelar juara meski lanjutan kompetisi telah dihentikan.

“Dengan penghentian ini, tentu implikasinya berdampak pada ranking, penentuan draft dan juga juara. Kami akan membicarakan masalah ini terlebih dahulu dengan klub (peserta IBL). Jadi, kita lihat saja bagaimana nanti,” ujarnya.

Dalam persiapan penyelenggaraannya, IBL sudah mengedepankan pedoman dan protokol kesehatan termasuk pelaksanaan tes swab yang rencananya bakal dilakukan pada Jumat (9/10/2020). Selain itu, IBL sebenarnya sudah mengantongi surat-surat rekomendasi penyelenggaraan sesuai dengan yang dibutuhkan termasuk dukungan pemerintah daerah.

“Kami semua perlu menghormati apa yang telah diputuskan oleh pemerintah terlepas dari seluruh upaya persiapan yang telah dilakukan,” pungkasnya.

IBL 2020 yang telah dihentikan sejak maret lalu, sejatinya hanya tinggal menunggu empat tim yang akan melaju ke babak playoff hingga akhirnya dibatalkan. Setelah playoff usai baru akan masuk ke babak semifinal dan final.

Sebelum keputusan IBL dibatalkan, kompetisi sepak bola Liga 1 yang seharusnya digelar pada 1 Oktober lalu juga dibatalkan, keputusan itu lantaran pandemi Corona yang belum mereda dan tak mendapatkan surat izin keramaian dari kepolisian. (Yusuf Mantono)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »