Lanjutan Kompetisi Liga 1 2020 Masih Belum Menemui Titik Terang

Indikatornews.com

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi telah menunda gelaran Liga 1 dan Liga 2 2020 hingga februari 2021, hal tersebut dikarenakan Polri tak mengeluarkan izin keramaian akibat Pandemi Covid-19 yang belum terkendali.

Lanjutan kompetisi Liga 1 2020 harusnya direncanakan bergulir pada November lalu. Namun dua hari jelang kompetisi digulirkan, Kapolri tidak memberikan izin keramaian. Hingga akhirnya PT LIB dan PSSI memutuskan untuk menggelar kompetisi pada Februari 2021.

Untuk mengetahui lebih dalam terkait kejelasan Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020, Indikatornews.com berkesempatan untuk mewawancarai Akhmad Hadian Lukita selaku Direktur Utama PT LIB di Kantor PT LIB, Jakarta Selatan (05/01/2021) Selasa pagi.

Dalam kesempatan itu, Lukita mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih menunggu respon dari pihak Kepolisian terkait dengan surat izin lanjutan kompetisi Liga 1 2020.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita

Lanjutan Liga 1 2020 Direncanakan Bergulir Awal Februari 2021 Mendatang, Apakah Saat Ini Sudah Mengantongi Izin Dari Pihak Kepolisian?

“Beberapa waktu lalu kami sebenarnya sudah mengirimkan surat kepada kepolisian, tapi hingga detik ini belum ada respons sama sekali. Nanti saya akan tanyakan kembali kepada kepolisian bagaimana nasib lanjutan dari kompetisi ini, yang sejatinya sudah ditunggu-tunggu oleh para Official Klub, Pemain maupun para supporter Sepakbola Indonesia.”

Lalu, Sejauh Mana Persiapan dari PT LIB Bilamana Nantinya Pihak Kepolisian Mengizinkan Kembali Kompetisi Bergulir?

Saya sudah mulai berkoordinasi dengan klub, tetapi belum bisa memastikan apapun mengenai kompetisi dilanjutkan atau tidak semua tergantung bagaimana pihak kepolisian nanti. Kami juga sudah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk untuk menerapkan protokol kesehatan seperti swab test dan akomodasi bagi setiap tim yang akan melakoni laga tandang.”

Ada Beberapa Tim Dari Liga 1 2020 yang Memutuskan Bubar Akibat Ketidakpastian Kompetisi Musim ini, Tanggapan Anda Sendiri Mengenai Hal Itu Bagaimana?

“Iya saya sudah mengetahui mengenai kabar itu, tapi kan sebenarnya klubnya masih ada hanya pemain yang dilepaskan. Terkait hal itu saya secara pribadi menghormati setiap keputusan klub karena kondisi sekarang memang sangat sulit. Mudah-mudahan kalau liga diizinkan bergulir, tim yang telah bubar dapat bisa langsung melakukan persiapan.”

Terakhir, Apa Harapan Anda Untuk Sepakbola Indonesia Di tengah Pandemi Covid-19 Saat ini?

Saya berharap kompetisi digulirkan kembali karena itu sangat penting bagi kami dan klub, mengingat sudah hampir 10 bulan tidak ada aktivitas sepakbola di negara kita ya. Semoga pandemi ini bisa segera berakhir dan Kapolri bisa memberikan kepastian mengenai bisa lanjut atau tidak kompetisi pada bulan Februari 2020 mendatang.”

Sampai saat ini PT LIB belum berhasil mendapatkan izin, padahal kompetisi direncanakan lanjut pada awal Februari 2021. Disinyalir pihak kepolisian belum bisa memberikan restu karena masih mempertimbangkan kondisi Pandemi Covid-19 di Indonesia yang belum membaik. (Yusuf Mantono)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »