Lantamal VIII Terima Kunjungan Tim Peninjau Bulan Trisila TNI AL Tahun 2020

Manado, Sulawesi Utara, Indikatornews.com – Bertempat di Ruang Serbaguna Mako Lantamal VIII telah dilaksanakan Pembukaan acara Peninjauan Bulan Trisila TNI AL Tahun 2020 oleh Ketua Tim Peninjau Laksamana Pertama TNI Hargianto didampingi oleh Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo, Kamis (09/01).

Dalam Sambutan Danlantamal yang dibacakan oleh Wadan Lantamal VIII menyampaikan bahwa, Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Bulan Trisila TNI AL yang dilaksanakan dari tanggal 05 Desember 2019 sampai 15 Januari 2020 yang pencanangannya telah dilaksanakan oleh bapak Kasal di Jakarta dengan mengambil tema “Dilandasi Nilai-nilai Trisila TNI AL Kita Bangun Sumber Daya Manusia Unggul Prajurit Matra Laut Profesional” dimana disiplin hirarki dan kehormatan militer adalah nilai luhur yang telah dijadikan pedoman dalam berfikir, bertutur dan bertindak sebagai personel TNI AL di seluruh Indonesia.

Dengan adanya kunjungan Tim Peninjau Bulan Trisila TNI AL di Mako Lantamal VIII, diinstruksikan kepada seluruh anggota untuk menunjukan yang baik tetapi tidak mengada-ada pada semua kegiatan yang akan ditinjau atau dinilai, tunjukanlah kemampuan yang kita miliki sesuai peraturan dan kaidah-kaidah sebagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam Trisila TNI AL, sesuai tupoksi Lantamal VIII serta kearifan lokal dimana kita berada. Manfaatkan sebaik-baiknya keberadaan Tim Peninjau untuk mendiskusikan hal-hal terkait dengan pelaksanaan Bulan Trisila TNI AL.

Selanjutnya, Sambutan dari Koorsahli Kasal yang dibacakan oleh Laksma TNI Hargianto menyampaikan bahwa, dalam rangka membangun kembali pemahaman dan penghayatan serta pengamalan sila perlu diselenggarakan suatu kegiatan strategis dengan melibatkan seluruh prajurit TNI di manapun berada dan bertugas dalam bentuk pembinaan satuan dan pembinaan tradisi.

Rangkaian kegiatan bulan ini terdiri atas publikasi, sosialisasi pembinaan satuan, pembinaan tradisi, lomba karya tulis dan pembuatan film video serta menyebarkan angket kuesioner tentang pemahaman nilai-nilai dan diakhiri dengan evaluasi.

Melalui kegiatan Bulan Trisila TNI AL diharapkan dapat memantapkan dan meningkatkan kembali jati diri sebagai prajurit mata laut yang memiliki sebagai berikut :
1) Disiplin dengan indikator bertanggung jawab, tepat waktu, bersungguh-sungguh, tertib dan cakap.
2) Hirarki dengan indikator rantai komando, profesional, loyal serta kerjasama tim dan patuh.
3) Kehormatan Militer dengan indikator jujur, patriotik, berani, unggul dan gigih.

Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman. Perlu disampaikan bahwasanya keberadaan tim peninjau yang datang adalah untuk melihat secara langsung pelaksanaan kegiatan dengan tujuan untuk memperoleh data sebagai bahan evaluasi pelaksanaan kegiatan yang sama di masa yang akan datang.

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan buku panduan Bulan Trisila TNI AL Tahun 2019 dari Katim Peninjau kepada Wadan Lantamal VIII. Acara dilanjutkan dengan Jam Komandan Denma Lantamal VIII yang bertempat di Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal VIII.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Rombongan Tim Peninjau Bulan Trisila dari Mabesal, Para Asisten Danlantamal VIII, Para Kadis/Kasatker Lantamal VIII, Para perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Lantamal VIII. (***)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »