Megawati Bakal Jadi Orang Kelima Indonesia Penerima DR HC dari Universitas Soka

Tokyo, Indikatornews.com – Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri akan disambut Pimpinan Universitas Soka di lobi utama kampus Soka dan dilanjutkan disambut 30 mahasiswa di bagian dalam lobi. Termasuk mahasiswa Jepang yang pernah kuliah di Universitas Indonesia.

Hal itu dipaparkan Direktur Administratif Universitas Soka, Hiroki Shimoide, melalui penerjemahnya mengenai teknis penganugerahan gelar doktor kehormatan honoris causa (DR HC) kepada Ketua DPP PDI Perjuangan Rokhmin Dahuri dan rombongan yang meninjau kampus Universitas Soka, Selasa (7/1/2020).

Rokhmin dan delegasi yang ikut mendapat penjelasan rinci prosesi penyambutan dan penganugerahan gelar Honoris Causa yang akan digelar Rabu (8/1/2020) pagi.

Hiroki menyampaikan keinginan pihak Kampus Soka agar Megawati dan para mahasiswa dapat berfoto bersama di depan patung Leonardo da Vinci (1452-1519). Menurut Hiroki, patung itu menjadi ikon bagi Universitas Soka.

Usai foto bersama, dipaparkannya, Megawati dan rombongan akan melihat pameran foto sebelum menuju lantai 17 tempat penganugerahan.

Di pameran ditampilkan sejumlah foto pertemuan pendiri Soka Daisaku Ikeda dan sejumlah kepala negara asing. Termasuk pemberian gelar DR HC kepada Presiden Abdurrahman Wahid atau akrab disebut Gus Dur pada 2002.

“Megawati merupakan penerima gelar DR HC kelima dari Indonesia,” ujar Hiroki.

Selain Gus Dur, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun menerima gelar dari Universitas Soka.

“Persiapan teknis sudah luar biasa. Saya mendampingi Ibu Megawati menerima enam gelar DR HC. Ini well prepared. Apalagi Soka ini perguruan tinggi yang telah memberi gelar ke orang-orang terkenal di dunia. Ini bagus sekali,” jelas Rokhmin kepada media usai menerima paparan dari Pimpinan Universitas Soka. (***)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »