Menaker Apresiasi Perusahaan yang Tetap Pekerjakan Pekerjanya di Masa Pandemi

Indikatornews.com

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengemukakan pandemi Covid-19 berdampak pada semua aspek kehidupan, termasuk dalam sektor
ketenagakerjaan.

Berdasarkan survei yang dilakukan Kemnaker pada 2020 menunjukkan bahwa sekitar 88 persen perusahaan terdampak pandemi yang mengakibatkan kerugian pada operasional perusahaan.

Menurutnya, kerugian tersebut umumnya disebabkan menurunnya penjualan, yang berakibat berkurangnya volume produksi. Dari survei tersebut juga didapatkan informasi bahwa meskipun mengalami kerugian operasional dan pengurangan volume produksi, sebagian besar perusahaan tetap mempekerjakan pekerjanya.

“Alhamdulillah meski pandemi, sebagian besar perusahaan masih mempekerjakan pekerjanya. Kita beri applous untuk perusahaan tersebut,” kata Menaker Ida pada acara pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap I di BBPLK Bekasi, Jawa Barat, Kamis (18/2/2021).

Ia menambahkan dari dampak pandemi tersebut, hanya terdapat 17,8 persen perusahaan yang memberlakukan pemutusan hubungan kerja, 25,6 persen perusahaan yang merumahkan pekerjanya, dan 10 persen yang melakukan keduanya.

Seusai membuka acara PBK I, Menaker Ida meresmikan Masjid As-Sakinah BBPLK Bekasi. (iz)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »