Mendagri Pastikan Persiapan Asian Games 2018 Palembang

Palembang, Indikatornews.com – Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) perlu memastikan persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 agar berjalan lancar.

“Pemprov juga harus mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan sehingga menimbulkan bencana asap,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, saat menjadi pembicara utama Rapat Koordinasi (rakor) dan Bimbingan Teknis (bimtek) Penguatan Jaringan Informasi Geospasial Nasional Regional Sumatera di Palembang, Sumsel, Kamis (15/3), seperti dikutip dari laman kemendagri.go.id.

Dalam rakor dan bimtek bertajuk “Satu Peta untuk Percepatan Pembangunan Daerah, Mendagri yakin Asian Games akan berjalan dengan baik di Palembang.

“Tapi, saya titip kepada Pak Gubernur untuk hati-hati terhadap asap akibat kebakaran hutan dan lahan,” ujar Tjahjo.

Menurut Mendagri, pemerintah pusat telah berkomunikasi dengan para pimpinan perusahaan perkebunan di Indonesia. Pihak perusahaan diminta bertanggung jawab agar menjaga area lahan tidak terbakar.

“Bapak Presiden Jokowi sudah memanggil seluruh perusahaan perkebunan untuk ikut terlibat dalam pencegahan. Mereka diminta bertanggung jawab agar lahan tidak terbakar,” ungkap Mendagri.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumsel Alex Noerdin menjelaskan, persiapan Palembang sebagai salah satu tuan rumah Asian Games bersama Jakarta pada Agustus 2018 sudah sangat matang.

Ia mengaku pihaknya juga sudah menjalin koordinasi secara optimal dengan institusi TNI dan Polri serta instansi terkait lainnya, khususnya mencegah kebakaran hutan.

“Secara infrastruktur dan venue mungkin sudah lebih siap dari Jakarta untuk menjadi tuan rumah Asian Games. Semua persiapan sudah selesai, begitu juga dengan kotanya,” jelas Alex.

Begitu pula lanjut Alex, pembangunan infrastruktur penunjang seperti LRT tengah dikebut pengerjaannya, yang selesai akhir bulan ini. Bulan Juni sudah beroperasi penuh, jelas Alex.

Alex juga menceritakan tentang Kompleks Olahraga Jakabaring  atau Jakabaring Sport City, yang dibangun dengan standar internasional. Di Jakabaring tersebut terdapat arena bowling, kolam renang dan venue dayung yang menjadi terbaik di dunia.(Hms/Vn)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »