MENGENAL 3 KULINER NUSANTARA YANG DIMODIFIKASIKAN SECARA KEKINIAN

Indikatornews.com

Indonesia memiliki tradisi kuliner yang sangat kaya di dunia, karna memiliki cita rasa yang kuat dan juga menghasilkan banyak bumbu rempah-rempah yang beragam di berbagai daerah.

Di zaman yang serba modern saat ini menjadi nilai yang banyak digemari salah satunya mengenai kuliner. Memang sudah ada beberapa makanan atau minuman tradisional yang hampir punah dan susah untuk ditemukan. Namun, itu semua dapat diatasi dan dibuat eksis kembali bahkan dimodifikasikan secara kekinian agar lebih menarik dan tidak ketinggalan zaman.

Berikut 3 kuliner nusantara yang dibuat kekinian :

  1. AYAM GEPREK MOZARELLA

Asal mula ayam geprek dipelopori oleh ibu Ruminah di Yogyakarta. Istilah nama geprek dari Bahasa Jawa yang diartikan ke bahasa Indonesia, yaitu ‘dipukul’, ‘ditekan’, atau ‘dilumatkan’. Ayam geprek ini yakni ayam yang digoreng renyah dengan adonan dari tepungnya, setelah itu digeprek dan yang terakhir dibaluri sambal yang pedesnya menggila.

Dengan perkembangannya zaman, para pedagang ayam geprek memodifikasikan dari segi rasanya yang kekinian, yaitu dengan tambahan dari keju mozarella. Jadi, dengan paduan pedesnya disatukan dari lelehan keju mozarella ternyata menghasilkan rasa yang begitu nikmat sehingga disambut baik oleh para pencinta kuliner.

  1. CIRENG KEJU

Makanan ringan khas sunda sangat disukai oleh seluruh masyarakat Indonesia. Cireng memiliki cita rasa yang unik dan khas, gurih dari cireng dapat membuat ketagihan apalagi dicolek bersamaan dengan sambal rujak endul banget rasanya.

Cireng terbuat dari tepung tapioka atau tepung aci. Konon katanya di dalam sejarah cireng ini sudah populer sejak era tahun 80’an. Dengan perkembangan zaman cireng dapat dimodifikasikan dengan kekinan agar tidak bosan. Seperti cireng dari @cirengjupe memiliki inovasi yang berbeda dan unik. Cireng Jupe mempunyai topping dengan taburan saus pedas khas, mayonaise, dan keju.

 

  1. NASI UDUK MACARON

Nasi uduk makanan khas dari Betawi gurih dan nikmat, apalagi makananya bersamaan dengan sambal kacang. Tapi, bagaimana rasa perpaduan makanan khas Betawi vs Perancis? Kue macaron khas Perancis ini memiliki citara rasa yang manis, biasanya dibuat dari tepung almond, putih telur, dan gula bubuk.

Nasi uduk macaron dapat ditemukan di @lamison.id. Walaupun rasanya sangat aneh dan unik, nasi uduk ala lamaison ini dapat membuat lidah terkesima. Bahkan membayangkan pengalaman makanan yang tak pernah lupa.

Dari 3 makanan kekinian versi Indikatornews, mana yang sudah kalian cicipi?

(Antania Hanjani)

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »