MENGENAL ASAL USUL RACIKAN KOPI JOSS YOGYAKARTA

Indikatornews.com

Kopi jos Yogyakarta memiliki teknik pembuatan dan bahan yang unik dari sajiannya. Keunikan pada kopi ini telah banyak dikenal hingga sampai ke mancanegara. untuk di luar negri kopi joss ini bernama The Charcoal Coffe.

Pertama kali yang menemukan racikan kopi joss ialah Lik Man, berasal dari Klaten, Jawa Tengah. Awalnya Lik Man hanya seorang pedagang angkringan di kawasan tugu Jogja. Pelanggan setianya meminta untuk membuat kopi klotok, kopi ini juga berasal dari  Yogyakarta, pembuatan kopinya direbus langsung bersamaan dengan gula.

“Pada akhir tahun 80-an ada masinis kereta api menyuruh bapak untuk membuat kopi klotok yang direbus dengan kaleng. Terus sama bapak dikasih arang bara api supaya kopinya lebih matang dan sampai sekarang malah ketagihan, “ ujar kobar, generasi ketiga angkringan Lik Man dikutip dari akun youtube channel our grandfather story

Karna bahan-bahan untuk membuat kopi klotok tidak ada, Lik Man memiliki inovasi sendiri untuk meraciknya dengan menambahkan potongan arang panas yang saat ini dikenal dengan kopi joss.

“Nama kopi joss itu bunyi arang ketika arangnya dimasukkan ke dalam kopi, air kopi itu bunyinya jossss,” lanjut kobar

Bahan-bahan pembuatan kopi joss, di antaranya adalah bubuk kopi hitam biasa, gula secukupnya, langsung diseduh bersamaan dengan air panas, lalu cemplungkan potongan arang panas. Di situlah sensasi aroma kopi joss ini bikin rindu dan tidak pernah dilupakan.

Kopi joss ini kopi hitam, selain itu kopi joss juga terdapat varian rasa manisnya dengan menambahkan kopi joss susu. Selain aromanya yang sangat sedap, kopi joss ini terdapat manfaatnya. Karena, arang yang dicampurkan kedalam kopi bisa menyerap racun.

“Arang itu menyerap racun, ‘kan norit itu dari arang datangnya, mau tidur minum ini malah enak. Capeknya hilang dan anginnya keluar,” tutupnya

 (Antania Hanjani)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »