Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Indikatornews.com

Terkadang seorang anak memilki rasa tidak percaya diri. Malu untuk tampil di depan banyak orang, tidak berani melakukan sesuatu hal yang baru diketahui serta lain-lainnya. Berikut ada beberapa cara yang dapat orang tua lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

  • Dukungan dan kepercayaan dari orang tua

Walaupun anak tidak meminta dukungan langsung kepada orang tua, namun dukungan serta kepercayaan dari orang tuanya tentunya akan membuat anak dapat merasa lebih percaya diri. Karena, dukungan terbesar seorang anak dari orang terdekat adalah dari orang tuanya.

  • Memberikan rangsangan atau stimulasi

Orang tua juga harus memberikan contoh  yang baik kepada anaknya. Berikan terus motivasi-motivasi kepada anak agar lebih semangat.

 

  • Beri anak kepercayaan

Sebagai orang tua, tentu kepercayaan yang diberikan kepada anak dalam melakukan sesuatu yang disukai pastinya akan membuat anak tambah percaya diri. Jika anak sudah diberikan kepercayaan oleh orang tua dapat melakukan sesuatu hal, anak Anda nantinya juga akan merasa percaya diri. Karena orangtuanya sudah menganggap dirinya bisa melakukan suatu hal.

  • Menanamkan prinsip ‘If you think you can, you can’

Nah, prinsip tersebut penting sekali diberikan kepada anak. Agar anak tidak takut dalam mencoba sesuatu hal. Berikanlah semangat katakan pada anak bahwa ketika ia berfikir bisa, maka ia bisa.

  • Membangkitkan semangat pada diri anak

Nah, kalau anak gagal dalam melakukan suatu hal atau misalnya mendapatkan nilai pelajaran yang kurang, tidak menang dalam perlombaan. Jangan dimarahi, melainkan berikan semangat kepada anak Anda. Semangat yang diberikan oleh orang tua kepada anak yang saat itu gagal dalam suatu hal, nantinya akan membangkitkan rasa percaya diri pada anak Anda.

Selain itu, ucapan selamat dari orang tua ketika anak berhasil melakukan sesuatu atau misalnya menang dalam perlombaan, nantinya akan membangkitkan semangat pada diri anak Anda.

  • Tidak memberikan statement atau penilaian negatif pada anak.

Penilaian negatif orang tua terhadap anak sangat berpengaruh, karena nantinya anak akan tidak percaya diri. Karena orang terdekatnya saja yaitu orang tua sudah memberikan penilaian negatif.

Oleh sebab itu, dukungan positif kepada anak sangat penting dilakukan oleh setiap orang tua, karena apabila orang tuanya mendukung dan memberikan semangat pasti anak menjadi lebih percaya diri dan tidak takut untuk melakukan sesuatu yang baru.

Selain itu, orang tua juga harus mengajarkan pada Anak untuk bangga pada hasil kerjanya sendiri. Tidak bagus juga tidak apa, asalkan hasil tersebut merupakan hasil kerja anak Anda. Berikan juga penghargaan atas prestasi atau atau sikap positif yang diperolehnya. Intinya, dalam memandang anak, sebagai orang tua tidak perlu mengekspos kelemahan atau kekurangannya, namun lebih baik orang tua menggali kelebihan yang dimilki oleh anak dan berupaya mengembangkan potensi yang dimilki oleh anak. (Afifatun Nida)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »