P3ATI SIAP DUKUNG KEMENTERIAN ATR – BPN RI MEMBERANTAS MAFIA TANAH

Indikatornews.com

Pendiri Perkumpulan Pemerhati Pertanahan dan Agraria Terpadu Indonesia (P3ATI), Dr. I. Made Pria Dharsana. SH. M. Hum yang didampingi Johari, SH, (9/6) di kantornya Kabupaten Bdubg Bali mengungkapkan bahwa P3ATi berserta jajaran pengurus dan anggotanya di seluruh Indonesia menyampaikan dukungannya atas komitmen Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional ATR/BPN), Sofyan Djalil, untuk terus gencar memerangi kasus penyalahgunaan sertifikat tanah oleh mafia tanah.

Made Prie menegaskan, ditengah Pemerintah mencanangkan kemudahan iklim investasi yang berdaya saing global dan kompetitif, dibutuhkan adanya kepastian perolehan hak atas tanah dan kepastian hukum serta perlindungan bagi penanaman modal sebagaimana telah dituangkan dalam ketentuan UU 11 tahun 2020 Tentang Cipta Kerja atau dikenal juga Omnibus Law. Oleh karena itu P3ATI siap bekerja sama dengan Kementerian Agraria meminimalisir dan jika oerlu mengungkap kasus mafia tanah. P3ATI sangat mendukung, langkah- langkah, upaya kinerja Kementerian ATR BPN RI yang ikut pemberantasan mafia tanah agar masyarakat memiliki kepastian hukum dalam hal sertifikasi tanah sehingga kepercayaan masyarakat dan penanam modal dapat terjaga dengan baik.

Salah seorang pendiri P3ATI ini mengungkapkan alasan pihaknya mendukung upaya Kementerian ATR BPN – RI melakukan pemberantasan mafia tanah. Pasalnya, Anggota P3ATI mayoritas adalah PPAT dan akademisi serta pemerhari Pertanahan yang bisa secara nyata mendukung upaya pemerintah dalam melaksanakan penertiban administrasi pertanahan.

Made Pria mengharapkan dengan memerangi mafia tanah diharapkan akan menciptakan data pertanahan yang lebih baik tidak mudah terjadi pemalsuan yang dapat terjadinya sertipikat ganda. . “Dan P3ATI siap membantu program pemerintah yang sangat konsen ingin memerangi mafia tanah,” katanya. (PM)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »