Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Indonesia Timur

Indikatornews.com

Indonesia bagian timur memang belum terlalu sering dijadikan destinasi wisata favorit para wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Karena letak nya yang jauh, dan juga membutuhkan biaya yang besar, menjadi satu alasan kenapa masih banyak yang belum berkunjung ke wilayah ini. Padahal, di Indonesia Timur terdapat objek wisata yang menakjubkan. Terutama wisata alam air, salah satunya Pantai Ora yang berada di dekat ambon, Maluku.

Pantai Ora berada di Desa Salemen, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah. Objek wisata yang berlokasi di ujung barat Teluk Sawai ini terletak di sebelah barat Desa Saleman dan Desa Sawai, di tepi hutan Taman Nasional Manusela.

Pantai Ora memiliki panorama yang sangat indah, dengan pasirnya yang putih bersih, air laut yang berwarna biru jernih, dan kekayaan terumbu karang dan biota laut lainnya. Keindahan pantai ini banyak disebut juga sebagai surga dunia dan sering juga di sejajarkan dengan keindahan pantai yang ada di maladewa, Pantai Boracay di Filipina, atau pantai Bora-bora yang ada di samudera pasifik.

Selain menikmati keindahan pantai, ada beberapa aktivitas yang anda bisa lakukan selama berkunjung ke pantai Ora, seperti snorkeling, dan diving, serta tidak perlu menyelam terlalu dalam pasalnya pada kedalaman dua sampai tiga meter anda sudah bisa melihat kecantikan berbagai terumbu karang dan ikan kecil di bawah laut Pantai Ora.

Selain snorkeling, masih banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Ora. Berkunjung ke Taman Nasional Manusela yang terletak di belakang Ora Beach Resort, dapat menjadi salah satu rekomendasi yang wajib dilakukan. Di Taman Nasional Manusela ini, terdapat sekitar 117 spesies burung, dengan 14 di antaranya merupakan spesies endemik, seperti nuri bayan, kasturi tengkuk-ungu, raja udang, dan kakatua Maluku. Disini anda juga dapat menggunakan perahu bermotor atau kapal nelayan untuk menikmati pemandangan di sekitar Taman Nasional Manusela.

Di Pantai Ora, tidak terdapat banyak warung makan karena yang ada hanyalah fasilitas dari Or Beach Resort. Namun, untuk masalah penginapan, tidak perlu khawatir karena banyak akomodasi penginapan yang disediakan di tempat ini untuk bermalam. Untiknya lagi, akomodasi penginapan di Pantai Ora berbentuk rumah panggung di atas laut dan kebanyakan merupakan milik penduduk setempat, sedangkan Ora Beach Resort merupakan satu-satunya yang ada di kawasan pantai ini.

Selamat liburan, jangan lupa jaga kesehatan! (Sari Patmiati)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »