Penanganan Pandemi Covid-19, Presiden Ajak Pemda Bangun Optimisme Masyarakat

Jakarta, Indikatornews.com – Membangun optimisme kepada masyarakat, khususnya terkait dengan penanganan pandemi Covid-19, digaungkan Presiden Joko Widodo. Ajakan Presiden ditujukan kepada pemerintah daerah (Pemda).

Demikian salah satu pesan yang ditekankan Presiden Jokowi yang diunggah melalui akun resmi Instagram @jokowi, Jumat (23/10).

Lebih lanjut Presiden mengatakan, menjaga daya beli masyarakat di masa-masa sulit karena pandemi ini, pemerintah pusat telah menyalurkan berbagai skema program perlindungan sosial, dari PKH, bantuan sosial tunai, BLT Dana Desa, Kartu Prakerja, Subsidi Gaji, hingga Bansos Produktif untuk Bantuan Modal UMKM.

Dengan berbagai skema bantuan tersebut pemerintah berharap konsumsi rumah tangga semakin meningkat, menaikkan kembali permintaan, dan akhirnya akan mendorong tumbuhnya penawaran atau pasokan.

Presiden Jokowi juga meminta pemerintah daerah dapat memperkuat kebijakan pemerintah pusat itu dengan mempercepat realisasi APBD terutama belanja bantuan sosial dan belanja modal yang mendukung pemulihan ekonomi termasuk untuk sektor UMKM. Selain itu, belanja kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah agar mengutamakan penyerapan produk-produk dalam negeri.

“Terakhir, saya meminta pemerintah daerah untuk dapat membangun optimisme kepada masyarakat terkait penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah,” kata Presiden. ***




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »