Penerimaan Peserta Didik Baru SDIT Lentera Ilmu

Indikatornews.com

Setiap sekolah pasti juga merasakan tantangan baru di masa pandemi ini, yang dimana saat ini sekolah tidak melakukan pembelajaran secara tatap muka, melainkan sekolah diharuskan untuk melakukan pembelajaran secara online. Hal ini tentu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran ataupun penambahan kasus COVID19 di Indonesia.

Tantangan ini juga dirasakan saat menjelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru 2021/2022 di tiap sekolah. Hal ini juga dirasakan oleh SDIT Lentera Ilmu yang merupakan sekolah swasta yang berada di Kota Tangerang.

Gambar 1 SDIT Lentera Ilmu

Berikut adalah wawancara dengan Pak Yusuf, Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru SDIT Lentera Ilmu.

Gambar 2 Wawancara dengan Ketua Panitia PPDB SDIT Lentera Ilmu

Apakah Tantangan sekolah swasta dalam ppdb di masa pandemi?

“Tentu tantangan sangat dirasakan apalagi di saat pandemi seperti saat ini, tentu rasanya luar biasa dan pastinya berbeda. Di sisi lain terkait dengan ekonomi dan kebijakan, baik kebijakan sekolah ataupun dengan keinginan dan kesanggupan orangtua”, ujar Pak Yusuf.

Adapun perbedaan yang dirasakan saat penerimaan peserta didik baru di saat sedang terjadi pandemi seperti saat ini.

“Tentunya sangat berbeda sekali, apalagi saat ini kita tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan calon peserta didik baru dan juga calon orangtua peserta didik SDIT Lentera Ilmu”, ujar Pak Yusuf.

Apa saja yang menjadi penilaian saat PPDB berlangsung?

“Tentunya, kami (SDIT Lentera Ilmu) ingin memberikan yang terbaik, dimana kami juga akan memberikan yang terbaik terkait dengan pembelajaran, khususnya untuk anak didik. Karena ini juga usaha kita untuk mematuhi dan menghormati aturan pemerintah. Dan sekolah juga ingin bagaimana bisa memberikan pembelajaran yang bisa diterima di semster baru nanti”, ujar Pak Yusuf.

Langkah strategis apa yang dilakukan SDIT Lentera Ilmu saat Penerimaan Peserta Didik Baru?

“Tentunya kita melakukan langkah-langkah strategis saat Penerimaan Peserta Didik Baru yaitu yang pertama dengan memahami kondisi orangtua di saat seperti ini (pandemi covid19) dengan membebaskan uang gedung. Lalu yang kedua kami memberikan webinar, pelatihan ataupun seminar untuk orangtua siswa, bagaimana nantinya orangtua bisa memahami kondisi dan bagaimana nanti pembelajaran jarak jauh berlangsung di saat pandemi ini. dan yang ketiga SDIT Lentera Ilmu memilki program atau aplikasi pembelajran jarak jauh yang berbeda dari yang lain, yaitu dengan menggunakan aplikasi tersendiri yaitu kelase. Aplikasi ini yang nantinya dapat dipantau langsung oleh orangtua baik ketika sedang di rumah ataupun di tempat kerja”, ujar Pak Yusuf.

Gambar 3 Sosial Media SDIT Lentera Ilmu

Adapun untuk informasi lebih lanjut terkait SDIT Lentera Ilmu dapat dilihat melalui sosial media yang tertera pada gambar.

Setiap sekolah pasti memilki cara tersendiri untuk meningkatkan kualitas sekolah, salah satunya adalah seperti SDIT Lentera Ilmu yang memilki program atau aplikasi pembelajaran jarak jauh tersendiri, yaitu dengan menggunakan aplikasi Kelase. SDIT Lentera Ilmu pun juga membantu orangtua dalam segi materi dengan membebaskan uang gedung saat Penerimaan Peserta Didik Baru hal ini juga dalam rangka memberikan stimulus atau rangka keinginan orangtua untuk menyekolahkan anaknya di SDIT Lentera Ilmu. (Afifatun Nida)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »