Peran Media Sangat Penting untuk Melihat Kinerja BPK

Jakarta, Indikatornews.com – Peranan media dinilai sangat penting dalam pelaksanaan tugas Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), sebagai saluran komunikasi terkait kinerja yang dilakukan BPK, khususnya hasil pemeriksaan. Melalui  media laporan hasil pemeriksaan menjadi lebih mudah dikomunikasikan dan dipahami  masyarakat.

Untuk lebih membangun kesepahaman dengan media, kegiatan coffee morning BPK dan Media di kantor Pusat BPK (14/02/2020) menjadi ajang saling memahami cara kerja BPK dengan istilah teknisnya dan media dengan karakternya sendiri.

Kegiatan ini merupakan implementasi Supreme Audit Institutions Performance Measurement Framework (SAI PMF) yang dibuat berdasarkan pedoman INTOSAI P-12 yang memuat 12 prinsip nilai dan manfaat lembaga pemeriksa. SAI PMF adalah alat ukur berdasarkan international best practices tentang bagaimana lembaga pemeriksa bekerja dan mengukur kinerja lembaga. Di dalam SAI PMF terdapat indikator keenam terkait pentingnya komunikasi lembaga pemeriksa dengan stakeholder yang harus mempunyai dampak manfaat bagi publik.

Penerapan aspek komunikasi SAI PMF di BPK diterjemahkan dengan slogan yang yang mudah diingat oleh publik, yakni Akuntabilitas untuk Semua. Slogan ini diartikan bahwa BPK mengelola hubungan dan kerja sama dengan stakeholder, untuk memberi manfaat pemahaman akuntabilitas pada stakeholder dalam mencapai tujuan bernegara sesuai dengan visi BPK.

Hadir dalam acara ini sekaligus sebagai narasumber, yakni Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arief, Kepala Biro Humas & KSI Selvia Vivi Devianti, dipandu Kabag Pengelolaan Informasi Sri Haryati. *




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »