Pesona Air Terjun Sidoharjo, Yogyakarta

Indikatornews.com

Sebagai salah satu daerah wisata terkenal di Indonesia, Jogja menyimpan berbagai jenis wisata alam salah satunya di Kulon Progo. Kulon Progo mempunyai banyak sekali obyek wisata yang harus disambangi jika sedang berkunjung ke Jogja. Karena, di Kulon Progo terdapat wisata air terjun, wisata bukit, desa wisata, dan jenis wisata alam lainnya. Salah satu yang wajib dikunjungi yakni Air Terjun Sidoharjo.

Air Terjun Sidoharjo masih terbilang jarang terdengar bagi banyak wisatawan. Meskipun begitu, Air Terjun Sidoharjo atau di sebut juga Air Terjun Perawan Sidoharjo menyimpan berbagai daya tarik yang membuat penasaran para wisatawan.

Air Terjun Sidoharjo berada di antara perbukitan Menoreh. Daerah Kulon Progo yang menjadi lokasi keberadaaan air terjun ini memang merupakan bukit dengan jalan menanjak naik dan turun. Sehingga Air Terjun Sidoharjo ini adalah salah satu air terjun dengan tebing tertinggi di Jogja.

Pada saat sampai di lokasi, para pengunjung disuguhi pemandangan tebing yang sangat tinggi, dari tebing ini mengalir air terjun yang menyegarkan. Di bawahnya terdapat tampungan aliran arus air yang bisa dimanfaatkan untuk berendam.

Kawasan Air Terjun Sidoharjo masih sangat asri karena masih banyak pepohonan yang besar dan rindang, serta ditumbuhi bunga-bunga liar yang makin mempercantik pemandangan di sekitaran Air Terjun Sidoharjo. Air Terjun Perawan Sidoharjo ini berada di Dusun Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada di area perbukitan Menoreh sehingga saat hampir menuju lokasi, banyak tanjakan yang akan dilewati.

Kondisi jalan menuju lokasi sudah memadai, jarak yang ditempuh dari Jogja sekitar 31 Km dengan waktu tempuh berkisar 1 jam. Lebih mudah apabila menggunakan kendaraan roda dua, meski pun begitu tetap bisa akses menggunakan kendaraan roda empat namun tetap memperhatikan kewaspadaan tinggi.

Selamat liburan, jangan lupa jaga kesehatan! (Sari Patmiati)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »