Promosi, Mutasi Dan Rotasi Pejabat, Untuk Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Dan Pola Pembinaan Karir Pegawai

Tasikmalaya, Indikatornews.com

Organisasi birokrasi saat ini dihadapkan pada harapan masyarakat yang semakin tinggi yang diharapkan mampu bekerja secara profesional, efektif dan efisien dalam melaksanakan reformasi birokrasi yang merupakan program nasional baik di tingkat pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun pemerintah Kota/Kabupaten.

“Aparatur pemerintah harus menjadi suri tauladan bagi masyarakat dalam melaksanakan good governen,” pesan Walikota Tasikmalaya H. Budi Budiman pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Aula Balekota Kota Tasikmalaya, selasa (1/10/2019)

Salah satu kemampuan pemerintah yang paling mendasar yang perlu mendapatkan sorotan dan harus menjadi agenda utama menurut Budi adalah kemampuan dalam pengelolaan sumber daya manusia aparatur dengan melakukan penataan dan pemetaan yang lengkap dan menyeluruh atas seluruh formasi jabatan dalam organisasi perangkat daerah yang ada.

Untuk itu, kegiatan pelantikan jajaran pejabat di setiap instansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan dan kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas kelembagaan dan pola pembinaan karir pegawai.

Dijelaskannya, pelantikan ini dimaksudkan untuk lebih memperlancar pelaksanaan tugas pemerintahan dan pelayanan publik, terutama pada jabatan-jabatan yang belum terisi sehingga pelantikan ini hendaklah dimaknai dari sudut kepentingan organisasi bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.

“Segera inventarisir potensi dan permasalahan sesuai dengan tanggung jawab dalam lingkup tupoksi jabatan yang diemban,” pesan Budi. Dia pun mengharapkan pejabat yang dilantik Amanah dalam melaksanakan berbagai tugas dan melakukan inovasi, aspiratif, kreatif, antisipatif, solid dan pro aktif sehingga menghasilkan output kinerja yang baik.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD)  Kota Tasikmalaya Gungun Pahlagunara, S. IP menjelaskan bahwa pelantikan dimaksudkan untuk pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka peningkatan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal.

“Pejabat Administrator dan Pengawas yang dilantik terdiri dari Eselon IIIa sebanyak 3 orang, 9 orang IIIb, IVa 13 orang dan 16 orang dari eselon IVb,” jelas Gungun

Sedangkan khusus pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terjadi mutasi Sekretaris Dinas Drs. Mujadi dengan posisi baru Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup digantikan Dra. Euis Carliati, Deni Kurniawan, S.Sos posisi baru Kabid Pemberdayaan Sosial digantikan Lilis Ellia Dewi Mulyani, SH sebagai Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil dan Hj. Sulastriningsih menjabat Kabid Perindustrian digantikan Iman Budiman, S.Sos sebagai Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi kependudukan @ Ayi Darajat




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »