PWI Jaya dan Askip Gelar Konser Donasi untuk Pekerja Seni

Jakarta, Indikatornews.com – Kolaborasi PWI Jaya dan Asosiasi Pekerja Seni dalam menggelar acara “The Story of Artist ‘ bakal dilayani sepenuh hati oleh artis pengisi acaranya.

Para artis yang sudah dipastikan tampil, antara lain Vina Panduwinata, Iis Dahlia, Band Kotak, Close Friends.

Untuk membantu pekerja seni terdampak pandemi, PWI Jaya bersama Yayasan kitabisa.com, dan Asosiasi Pekerja Seni Indonesia Pusat (Askip) akan menggelar event berskala nasional untuk mengumpulkan donasi dari berbagai pihak bertajuk “The Story of Artist”, Sabtu, 18 Juli 2020 pukul 15.00 hingga 16-30 WIB di ReFIT studio, Jl. Sepat No.27, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Menurut Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah, kegiatan ini akan dipergunakan untuk donasi kepada sekitar 1000 pekerja seni, baik musik, film, tari, dan seni lainnya. “Lebih khusus lagi donasi ini nantinya menyasar kepada para crew yang selama ini belum tersentuh bantuan atau donasi,” tuturnya.

Adapun Konten Acara The Story of Artist dalam bentuk Live Streaming Program Konsep Virtual Interaktif #DARI RUMAHAJA adalah, Stand Up Comedy oleh Kiki Saputri, ngobrol bareng artis dan tokoh, lelang barang milik artis, penampilan Vina Panduwinata, Kotak, Iis Dahlia, dan Close Friend.

Selain itu akan tampil sejumlah bintang tamu dan tokoh nasional seperti Syahrul Yasin Limpo,Sandiaga Uno dan Mulan Jameela.

Acara ini juga akan menampilkan juga Live Zoom dengan beberapa pejabat sebagai salah satu bentuk dukungan untuk kegiatan ini. Melengkapi kegiatan ini juga akan digelar Live Zoom dengan para donatur sebagai bentuk terimakasih, karena telah berpartisipasi atau berdonasi.

Vina Panduwinata yang menjadi salah satu pengisi acara mengatakan dirinya nanti akan perform bersama close friend band dimana mama ina, begitu Vina Panduwinata disapa ini sudah lama sekali berkolaborasi dengan anak-anak muda.

“Di close friend ini ada ikmal tobing, DJ Goeslan, Rio Ricardo, Ibeth Estrya, dimana aku ini sudah bertahun2 berkolabirasi dengan mereka. Mengapa berkolaborasi dengan anak-anak muda, ini adalah sebuah cara aku menghargai anak-anak muda itu lewat musik. Jadi gimana ya, sudah seumuran aku kadang bingung juga dengan musik mereka, dimana aku coba mengerti musik mereka dan mencoba menikmatinya,” ungkap Vina.

Vina Panduwinata mengaku musik itu milik semua umur. “Aku bergabung dengan anak-anak muda lewat musik itu karena aku ingin sekali mereka tau bahwa aku sangat menghargai mereka. Jadi aku sangat menghimbau teman artis, anak-anakku, adik-adikku, sekiranya memang bisa melakukannya, kita lakukan dengan keikhlasan dan ketulusan hati dengan nawaitu atau niat yg baik, insha Allah Tuhan akan berikan jalan yang bagus juga untuk membantu saudara-saudara kita,” jelas perempuan yang pernah dijuluki Si Burung Camar itu.

Pertanyaan tentang kesediaan berkenan ikut dalam acara penggalangan dana untuk para crew hiburan, pastinya diakui Vina Panduwinata sangat amat berkenan karena mendukung program penggalangan dana.

“Dimana kita sadar bahwa situasi pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh, mempengaruhi kehidupan manusia dimana banyak sekali saudara kita yang menghadapi kesulitan luar biasa. Dan karena aku hidup di dalam dunia hiburan, pastinya aku sangat amat mendukung dan aku sangat amat hepi untuk ikut mencari dan mengikuti penggalangan dana ini,” papar Vina.

Tantri Kotak

Sementara vokalis grup band Kotak, Tantri Kotak yang juga akan menjadi bagian dari acara ini menjelaskan alasan kesediannya untuk turut ambil bagian.

“Kita sama-sama terdampak wabah ini, perizinan disulitkan dan akhirnya kami tidak dapat manggung dan menghibur, jadi ya aku merasa di acara ini adalah moment untuk saling suport antara kita bersama,” tuturnya.

Tantri berharap semoga agar kedepannya acara ini bisa merangkul kembali, memberikan support antar sesama musisi dan juga wartawan.

“Agar kita sama-sama saling bahu membahu untk bisa keluar dari kepenatan dan mencari solusi bagaimana nantinya kita bisa tetap bernafas di industri hiburan,” selorohnya.

Sedangkan, Choky Sitohang yang juga terdaftar sebagai salah partisipan menjelaskan, hadirnya acara ini bisa dijadikan sebagai momentum tepat bagi pekerja seni untuk tetap produktif serta tak hanya sekedar mengasihani diri sendiri.

“Saya merasa jika rekan-rekan artis dihubungi dan dimintakan tolong dengan cara persuasif, saya rasa tidak sulit untuk mereka bergabung. Karena pastinya rekan seniman seperti saya MC, penyanyi atau banyak dibidang lain, mereka justru merasakan penderitaan yang sama ditengah pandemi ini,” jelas pria yang kerap jadi presenter acara olahraga di televisi ini.

Sekalipun dikatakan Choky banyak pekerjaan seniman dan crew panggung yang dihentikan untuk sementara.

“Tapi di sisi lain kita juga merasa rindu, kangen untuk bertemu sama teman-teman yang pernah bekerja dengan kita di depan layar ataupun di belakang layar. Jadi saya menghimbau kepada rekan-rekan selebritis, para artis, pekerja seni yang memungkinkan untuk ikut bergabung di acara ini,” tutur Choky.

Tak terbatas publik figur dan tokoh masyarakt yang bisa memberi dukungan, kesempatan sama juga terbuka bagi masyarkat untuk ambil bagian dan partisipasi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, melalui sumbangan langsung ke rekening panitia yang akan dibuka selama acara berlangsung, serta lewat pembelian merchandise berupa, kaos, topi dan hoody yang mulai dari sekarang sudah bisa di pesan. ***




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »