Rujak Bebek Betawi

Indikatornews.com

Siapa yang tidak suka rujak? Rujak merupakan jenis makanan yang disajikan dengan buah-buahan dan sambal kacang. Tetapi, kali ini tulisan ini akan membahas tentang rujak bebek.

 

Rujak bebek sendiri tidak berbeda jauh dengan rujak yang menggunakan bumbu kacang. Secara penyajian dan bahan-bahannya pun hanya sedikit berbeda. Kalau rujak dengan bumbu kacang, cara penyajian buahnya itu dipotong kecil-kecil. Tetapi, jika rujak bebek cara penyajian buahnya dibuat dengan cara ditumbuk sehingga buah dan bumbu menjadi satu.

 

Rujak bebek biasanya disajikan menggunakan daun pisang yang dilipat menjadi mangkuk dan sendok. Tetapi saat ini, rujak bebek sudah menggunakan plastik yang berbentuk mangkuk dan sendoknya pun juga terbuat dari plastik.

 

Rujak bebek itu terdiri dari buah pisang batu, kedondong, ubi merah, bengkoang, nanas, mangga, jambu air, terasi, garam, cabai, gula, dan asam jawa. Sebenarnya sangat mudah membuatnya, tetapi kalian juga harus mempunyai alat tumbuknya untuk membuatnya menjadi rujak bebek.

 

Rujak bebek biasanya dijual dengan harga Rp 5.000/porsi. Dan, kalian juga dapat memesan untuk tingkat kepedasan rujak bebek tersebut.

 

“Makan rujak bebek itu enaknya dimakan saat siang menjelang sore, karena rasanya yang segar yang mampu membangunkan semangat 45,” ujar pak Selamet (40) penjual rujak bebek.

 

Semasa di rumah aja, pasti ada jajanan yang ingin kita cicipi, termasuk rujak bebek. Bagaimana kalau kita membuatnya sendiri di saat seperti ini?

(Danar priyatna)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »