Sambut Natal dan Tahun Baru, Satgas Yonif 713/ST Bakar Batu Bersama Masyarakat Perbatasan

Jayapura, Papua, Indikatornews.com – Menyambut Natal dan Tahun Baru yang tinggal menghitung hari Satgas Yonif 713/ST bersama masyarakat dan Ondoafi Perbatasan  menyelenggarakan acara bakar batu di kediaman Ondoafi Stanly yang terletak di pertigaan Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Senin (23/12/2019).

Di Papua tradisi bakar batu merupakan acara sakral yang masih berlangsung hingga kini. Pesta bakar batu dianggap sebagai simbol kebersamaan dan persatuan warga di bumi Papua.

Dansatgas Yonif 713/ST Letkol Inf Dony Gredinand, S.H., M.Tr. Han., M.I.Pol mengatakan, tradisi bakar batu sendiri merupakan ritual memasak bersama yang bertujuan untuk memanjatkan rasa syukur, bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat menyambut kabar bahagia seperti saat ini menyambut Natal bagi umat Kristiani dan Tahun Baru.

Saat menjalani tradisi yang diwariskan secara turun temurun ini, seluruh warga desa ikut berkumpul dan duduk melingkar sambil memasak bersama dengan akrab. Seperti yang dilaksanakan saat masyarakat dan Satgas Yonif 713/ST.

Ondoafi Stanly mengungkapkan, acara bakar batu dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur dalam menyambut Natal. “Kelahiran Yesus sebagai Juru Selamat, kami sambut dengan sukacita dengan melaksanakan acara bakar batu ini,” ujarnya.

Tradisi Bakar Batu memang umumnya dilakukan oleh suku pedalaman atau pegunungan, seperti di Lembah Baliem, Paniai, Nabire, Pegunungan Tengah, Pegunungan Bintang, Jayawijaya, Dekai, dan Yahukimo. “Tapi kami di sini juga melaksanakannya dan ini bukan yang pertama kali kami lakukan,” jelasnya. (***)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »