Suka dengan sepatu Onitsuka Tiger? Inilah asal mulanya

Jakarta, Indikatornews.com

Apa aja yang ada di benak kalian begitu mendengar kata Onitsuka Tiger?

Ya, sepatu yang sangat menawan dan juga memiliki desain yang menarik membuat daya tarik sepatu ini begitu tinggi. Menyajikan kualitas bahan yang bagus, nyaman dipakai, dan berbagai faktor yang membuat banyak orang menyukainya.

Awal mula di Jepang, sang pionir Kihachiro Onitsuka mempunyai ambisi yang sangat kuat untuk menyatukan dan membuat masyarakat negeri Sakura ini. Karena bertepatan setelah perang yang melanda negara tersebut. Dan, olahraga lah sebagai cara yang dipilih untuk mendapatkan kedamaian tersebut.

Menurut filosofi mereka yaitu “Anima Sana In Corpore Sano” yang artinya “di dalam pikiran sehat terdapat tubuh yang sehat” menjadi motivasi Kihachiro untuk mengembalikan semangat warga Jepang.

Sepatu pertama yang rilis pada tahun 1951 adalah 1951 OK BASKETBALLSHOE. Diciptakan agar para pemain basket memiliki performa yang baik saat dilapangan.

 

Namun tak hanya membuat untuk para pemain basket saja. Onitsuka juga menciptakan sepatu untuk para pelari di Jepang. Seperti seri MAGICRUNNER pada 1961, serta di tahun 1964 merilis RUNSPARK. Tidak hanya itu, tujuan adanya sepatu running ini untuk menghormati Olimpiade Tokyo pada kala itu.

Momen tak terduga terjadi di tahun 1966. Karena di tahun itu, mereka membuat desain yang cukup unik dan menjadi ciri khas hingga saat ini. Bentuk yang dihadirkan ini dikhususkan untuk Olimpiade Meksiko di tahun 1968.

 

Pada tahun 1978, mereka melebarkan sayap hingga ke negeri Paman Sam, yaitu California. Dinamai CALIFORNIA 78, sepatu ini diperuntukkan bagi para pengguna kendaraan, agar pengemudi dapat melihat pelari dimalam hari ataupun saat hujan yang dimana kondisi tersebut menurunkan visibilitas pengendara.

 

Semua koleksi yang ada kini secara resmi mereka luncurkan pada dunia pada tahun 2002. Dari semua desain yang pernah mereka buat, kini diciptakan kembali dan juga sepatu lainnya mengalami perubahan yang cukup signifikan. Yang menjadi keistimewaan pada brand adalah terdapat pada seri MEKSIKO 66, CALIFORNIA 78, dan juga NIPPON MAD.

Kini Onitsuka pun juga banyak melakukan kerjasama dengan para designer ternama. Namun tetap mempertahankan cita rasa Jepang dari sepatu itu sendiri. (muhammad rafly yusnianto)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »