Tips Belajar Bahasa Asing

Indikatornews.com

Di era saat ini, mempelajari bahasa asing dapat dikatakan cukup penting ataupun sangat penting. Dikatakan cukup penting, karena saat ini, kita pasti disuguhkan dengan suatu hal seperti musik, film, ataupun buku yang menggunakan bahasa asing seperti bahasa inggris, spanyol, korea, mandarin, dan ain-lain.

Selain itu, mempelajari bahasa asing juga dapat dikatakan sangat penting, karena untuk memenuhi kriteria ketika melamar suatu pekerjaan. Yang di mana suatu perusahaan atau tempat kerja membutuhkan karyawan atau pegawainya mampu dan fasih berbahasa asing seperti bahasa inggris ataupun mandarin.

Oeh sebab itu, perlu untuk kita mempelajari bahasa asing, baik itu untuk melamar pekerjaan atau sekedar belajar bahasa asing untuk meningkatkan kemampuan berbahasa yang kita miliki.

Saat ini, mempelajari bahasa asing dapat dilakukan di mana saja, bisa dilakukan secara otodidak, mengikuti kursus, atau menggunakan buku-buku berbahasa asing, dan lain sebagainya. Berikut beberapa tips mempelajari bahasa asing:

  1. Kamus

Saat ini, kamus tidak lagi hanya dalam bentuk buku yang memiliki banyak halaman. Anda dapat mengaksesnya melalui aplikasi yang nantinya dapat diunduh di smartphone yang Anda miliki. Setelah mengunduh aplikasi kamus tersebut dalam smartphone Anda, jangan sampai dibiarkan. Aplikasi kamus tersebut nantinya dapat membantu Anda dalam mengetahui arti dari kata yang tidak Anda ketahui. Misalnya ketika Anda membaca buku dapat mendapati kata dari bahasa asing, Anda dapat langsung menerjemahkannya dan mengetahui arti kata tersebut.

Oleh sebab itu, kamus merupakan hal yang penting bagi Anda untuk belajar bahasa asing.

  1. Hafalkan kosa kata

Kosa kata juga merupakan salah satu tips yang dapat membantu Anda dalam belajar bahasa asing. Anda dapat membuat target harian untuk menghafalkan kosa kata. Misalnya sehari Anda harus menghafalkan 15 hingga 20 kosa kata. Selain dihafal, Anda juga dapat menuliskannya ke dalam buku catatan khusus kosa kata. Yang nantinya dapat Anda ingat kembali kosa kata tersebut.

  1. Membaca

Anda juga dapat belajar bahasa asing dari buku, novel, majalah, artikel, atau media baca lainnya yang berbahasa asing. Nantinya dengan Anda membaca tersebut, Anda dapat mempelajari bahasa baru, kata-kata atau kalimat dalam bahasa asing yang mungkin Anda pelajari. Jika ada kata yang Anda tidak tahu, Anda dapat membuka kembali kamus, dan pastinya dapat menambah kosa kata Anda.

  1. Menonton

Menonton juga merupakan salah satu tips untuk Anda belajar bahasa Asing. Selain mengetahui, kata atau kalimat baru dalam film atau acara yang Anda tonton, Anda juga dapat menegtahui cara pengucapannya yang benar. Contohnya, ada orang yang dapat berbahasa Inggris. Padahal ia tidak mengikuti Bahasa Inggris. Ternyata ia sering menonton film atau acara televisi yang berbahasa Inggris. Dan dari menonton film atau acara televisi tersebutlah ia dapat belajar Bahasa Inggris. Selain itu, ketika adik kecil kita atau saudara kita yang masih kecil, sering menonton film Upin dan Ipin, terkadang mereka suka menirukan apa yang diucapkan upin dan ipin dalam bahasa melayu.

  1. Mendengarkan musik

Selain menikmati musik yang Anda dengarkan, Anda juga dapat belajar bahasa asing sambil mendengarkan musik. Anda dapat menambah kosa kata dari musik yang sedang Anda dengarkan. Selain itu, Anda juga dapat melatih atau meningkatkan kemampuan mendengar (listening) dengan menuliskan lirik dari lagu yang Anda dengarkan. Dan, Anda juga dapat menerjemahkan lirik lagu tersebut.

  1. Menulis

Kemampuan belajar bahasa yang juga harus dipelajari dan dilatih adalah menulis. Tidak harus menulis sebuah buku, sih. Anda dapat mulai menulis dengan bahasa asing di sosial media anda seperti menuliskan caption di Instagram ataupun menulis tweet di Twitter. Walau terkadang salah, mungkin teman Anda bisa membantu dengan mengomentari dan nantinya Anda perbaiki.

  1. Berbicara

Berbicara juga tips penting untuk Anda dalam belajar bahasa asing. Tujuan belajar bahasa kan tidak hanya untuk sekedar menulis, atau mendengarkan, tetapi juga harus berkomunikasi, yaitu dengan berbicara. Anda dapat berlatih berbicara bahasa asing dengan mencari teman untuk komunikasi dalam bahasa asing.

Anda dapat masuk ke kelompok atau penggemar yang memang menggunakan bahasa asing yang anda pelajari. Misalnya, Anda pengguna sosial media, seperti Twitter dan Instagram, Anda dapat bergabung ke fanbase atau kelompok orang yang menggemari idola yang sama dengan Anda dan pastinya menggunakan bahasa asing yang Anda pelajari. Anda bisa mendapati teman baru dari negara berbeda melalui kelompok penggemar yang ada di sosial media.

  1. Latihan

Jika belajar tanpa latihan apa gunanya. Oleh sebab itu, latihan dalam belajar bahasa asing sangat diperlukan. Latihan berbicara, mendengarkan, dan juga menulis dalam bahas asing.

  1. Mengunduh aplikasi belajar bahasa asing

Saat ini, banyak aplikasi yang dapat membantu Anda dalam belajar bahasa asing. Seperti aplikasi Duolingo, yang di mana Anda dapat menemukan banyak bahasa yang dapat Anda pelajari.

Anda dapat melakukan tips tersebut dalam belajar bahasa asing. Tetap semangat. Dan jangan lupa, ketika Anda sudah bisa bahasa asing yang telah dipelajari, gunakan bahasa tersebut, baik ketika menulis, ataupun berbicara. Agar nantinya Anda semakin terbiasa dengan bahasa asing yang telah Anda pelajari. (Afifatun Nida)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »