Tips Belajar Efektif

Indikatornews.com

Sebagai seorang pelajar, belajar merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Walau belajar atau sekoah sedang dilakukan di rumah saja. Anda tetap bisa membuat kegiatan belajar Anda efektif. Berikut tips belajar efektif walau di ruamh saja:

  1. Buat lingkungan atau suasana belajar Anda nyaman

Suasana belajar ini, perlu diperhatikan ketika Anda akan belajar. Suasana atau lingkungan belajar yang nyaman, pastinya dapat membuat Anda lebih semangat belajar atau meningkatkan mood belajar. Contohnya adalah ketika di rumah saja, Anda tetap harus belajar. Anda bisa belajar di kamar tidur atau ruang belajar Anda. Di tempat tersebut itulah kalian bisa membuat suasana yang nyaman, dengan merapikan terlebih dahulu ruangan tersebut. “Kalau aku, biasanya belajar sambil mendengarkan musik, karena aku jadi lebih semangat dalam belajar dan lebih efektif juga sih kak,” ujar Santo.

  1. Meringkas atau merangkum topik pembelajaran

Ketika Anda sedang mempelajari suatu pelajaran atau materi pembelajaran yang diberikan oleh guru atau dosen. Anda bisa membuat rangkuman atau ringkasan dari materi pembelajaran yang diberikan oleh guru atau dosen. Sehingga nantinya anda tidak perlu membaca terlalu banyak, Anda nantinya akan belajar dari hasil rangkuman yang telah dibuat. Dan nantinya, dari rangkuman tersebut bisa Anda jelaskan dengan cara Anda sendiri.

  1. Belajar yang rutin namun tidak perlu lama

Untuk belajar, agar lebih efektif adaah dengan selalu rutin belajar. Namun, waktu belajar Anda tidak perlu terlalu lama. Karena nantinya Anda akan pusing atau jenuh ketika belajar terlalu lama. Anda bisa jadwalkan waktu belajar mulai dari 20 menit hingga 45 menit, yang penting Anda rutin melakukan kegiatan belajar tersebut. Kurang dari 20 menit pun Anda tetap bisa belajar, yang penting Anda melakukannya secara rutin. Anda dapat membuat jadwal atau waktu belajar sendiri. Hari apa, jam berapa, dan apa yang akan dipelajari.

  1. Belajar bersama

Tips ini juga dapat lebih efektif, karena Anda bisa saling bertukar pendapat tentang materi pembelajaran yang sedang kalian bahas. Biasanya belajar bersama ini, dilakukan ketika sedang akan menghadapi ujian atau ulangan. Anda biasanya belajar bersama teman, agar materi materi sebelumnya yang dipelajari bisa kalian bahas atau ulas lagi. Selama masa pandemi, Anda tidak harus bertemu, bisa belajar melalui grup chat yang Anda miliki bersama teman.

  1. Mengerti bukan menghafal

Biasanya nih, metode belajar menghafal kerap kali dilakukan ketika menjelang ujian. Sebenarnya menghafal merupakan cara yang kurang efektif dalam belajar. Seharusnya selain menghafal Anda juga harus memahami atau mengerti materi yang dipelajari. Karena dengan Anda mengerti materi yang dipelajari, pastinya Anda akan ingat materi tersebut.

Semoga tips ini, bisa membantu Anda untuk belajar efektif dan tetap semangat dalam belajar. Anda juga bisa melakukan hal yag mungkin membuat Anda belajar lebih efektif. (Afifatun Nida)

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »