Tips Manajemen Waktu

Indikatornews.com

Selama pandemi covid-19, kita memang dianjurkan untuk melakukan kegiatan di ruamh saja. Jangan keluar rumah atau berpergian apabila tidak penting. Saat ini kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, hal ini memang dilakukan untuk mengurangi penyeberan kasus covid-19.

Nah, walau kita melakukan kegiatan di rumah saja seperti sekolah dari rumah, bekerja dari rumah dan yang lainnya, kita tetap harus semangat, jangan bermalas-malasan. Perlu juga nih untuk memanajemen waktu.

  • Buatlah Jadwal

Agar terstruktur Anda bisa membuat jadwal kegiatan selama berkegiatan di rumah saja. Membuat jadwal membersihkan rumah, kamar, jadwal untuk belajar atau mengerjakan tugas. Selipkan juga jadwal untuk Anda beristirahat setelah melakukan kegiatan sekolah online ataupun video conferrence dari kantor atau tempat kerja.

  • Tentukan prioritas

Nah, Anda juga harus menentukan prioritas apa saja yang harus dilakukan lebih dulu. Contoh, ketika Anda mendapatkan tugas sekolah

  • Jauhilah godaan

Ketika Anda sedang mengerjakan tugas sekolah atau kuliah anda harus fokus salah satunya adalah jauhi godaan seperti dengan mematikan notifikasi dari sosial media Anda.

  • Fokus

Fokuslah pada apa yang sedang Anda kerjakan. Ketika sedang belajar, Anda dapat melakukan hal ini agar Anda fokus saat belajar.

  • Buatlah suasana belajar yang nyaman,
  • Siapkan material atau alat yang akan Anda gunakan saat belajar,
  • Jauhkan handphone Anda sejenak ketika sedang belajar, Anda dapat kembali menggunakan Handphone ketika sedang istirahat atau setelah selesai belajar. Karena ketika Handphone ada di dekat Anda, itu dapat menghilangkan konsentrasi ketika Anda belajar.
  • Jangan kebanyakan berpikir

Jangan kebanyakan berpikir, apakah tugas sekolah atau kuliah yang Anda dapatkan sulit atau tidak. Kerjakan saja, kalau hanya dipikirkan kapan tugas Anda dapat diselesaikan?

  • Beri jeda untuk istirahat

Kalau memang sudah lelah, boleh kok istirahat.

  • Tidur yang cukup

Tidur yang cukup juga perlu nih, karena akan membuat Anda lebih fit dan tidak cepat lelah atau mengantuk. Kalau Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, nantinya Anda akan cepat lelah atau mengantuk ketika berkegiatan.

Kualitas tidur yang baik mampu menjaga badan dan mental tetap aktif sepanjang hari. Menurut national sleep foundation, mengurangi jak beristirahat 1-2 jam, efek sampingnya sama dengan tidak tidur selama 2 hari.

Oleh sebab itu, nantinya dapat membuat Anda cepat lemas dan susah produktif di siang hari.

  • Hentikan kebiasaan menunda

Untuk kebiasaan menunda ini, tolong banget kalian hindari atau hentikan. Karena nantinya Anda akan terlena dan akan pusing sendiri atau terburu-buru ketika sudah deadline. Ketika Anda ada tugas sekolah atau kuliah, dan deadlinenya satu minggu setelah tugas diberikan, Anda bisa langsung kerjakan pada saat hari dimana Anda mendapatkan tugas tersebut. Karena kalau Anda mengerjakan pada awal waktu, nantinya tidak akan kepikiran dan dapat menambah waktu santai Anda.

Mungkin ada tips lain yang dapat Anda lakukan untuk manajemen waktu. Gunakanlah waktu yang Anda miliki dengan sebaik-baiknya dan buatlah juga tujuan Anda. (Afifatun Nida)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »