Trend Korean Wave di Indonesia

Indikatornews.com

Korean Wave merupakan nama dari fenomena populernya kebudayaan Korea di berbagai belahan dunia. Popularitas Korean Wave atau yang juga dikenal dengan Hallyu telah merebak ke banyak  negara. Fenomena Korean Wave ini berdampak signifikan untuk menaikkan pamor produk-produk Korea lainnya, seperti K-Drama, K-Fashion, K-Food, K-Cosmetic, hingga K-Pop.

Korean Wave sendiri mulai masuk ke berbagai negara di Asia pada akhir tahun 1990-an.

Tema Hallyu (Korean Wave) pertama kali dipopulerkan oleh jurnalis Beijing terkait dengan merebaknya popularitas K-pop pada tahun 1997, di awali dengan seri K-Drama berjudul ‘What Is Love About’.

Sedangkan, di Indonesai sendiri, Korean Wave mulai dikenal sejak awal tahun 2000-an dengan ditandai dengan kehadiran drama-dramanya, sebut saja “Jewel in the Palace” yang merupakan salah satu drama paling terkenal di Indonesia pada tahun 2003.

 

K-Drama

Winter Sonata, Endless Love, Full House, Boys Before Flowers, hingga Descendants of The Sun merupakan beberapa judul Drama legendaris yang mampu menembus kancah Internasional. Selain dari segi jalan ceritanya yang bagus, drama Korea memiliki durasi yang lebih singkat dibanding format drama serupa di negara lain.

Tak hanya dramanya saja yang ikut mendunia, melainkan berbagai macam acara Reality Show-nya pun ikut mendunia, contohnya Running Man, Weekly Idol, dan masih banyak lagi.

Bahkan, pada tahun 2014, salah satu K-Drama yang populer dengan judul “You Who Came From The Stars” pernah dibuat versi sinetron Indonesianya dengan judul “Kau Yang Berasal Dari Bintang.”

Dewasa ini, semakin mudahnya akses untuk menonton drama-drama Korea juga membuat Hallyu berkembang dengan sangat pesat. Dari mulai aplikasi berbayar, gratis, hingga bisa menonton melalui link-link download yang disediakan beberapa web.

K-Drama “Full House”

K-Food

Jika dulu untuk menikmati jajanan Korea saja sulit, karena restoran atau tempat makan yang menyajikan makanan Korea tidak begitu banyak, lain halnya dengan sekarang. Saat ini, sudah banyak tempat makan atau cafe yang menyediakan berbagai macam makanan Korea, khususnya di Jakarta, contohnya Mujigae, Ojju, Oppa, Loona cafe, dan lain sebagainya.

Bahkan, kalian juga bisa membeli mie instan khas Korea Selatan di hampir seluruh supermarket yang ada, khususnya Jakarta.

Ini cukup membuktikan bahwa, Korean Wave berkembang sangat pesat di Indonesia.

Tteokpokki, salah satu makanan Korea yang terkenal di Indonesia

K-Cosmetic

Dulu, salah satu kiblat fashion adalah negara Amerika. Produk kecantikan yang mereka hasilkan memang terbukti bagus dan menarik minat banyak orang.

Namun, dewasa ini, orang berbondong-bondong mencari dan menggunakan kosmetik asal dari negeri Ginseng, Korea Selatan. Bahkan, banyak youtuber kecantikan yang mengulas tentang produk make up Korea dan tutorial ber-make up ala artis Korea.

Salah satu produk kosmetik Korea Selatan yang cukup terkenal di Indonesia adalah kosmetik berbahan dasar aloe vera.

Salah satu produk kosmetik Korea, Moonshot

K-Fashion

Rasanya kurang pas jika hanya membicarakan produk kecantikan Korea tanpa menggandeng selera fashion mereka. Semakin merebaknya Korean Wave di berbagai belahan dunia, selera fashion Korea Selatan juga cukup menarik peminat. Terbukti dengan banyaknya fans yang mengikuti gaya berbusana sang Idola saat tampil di atas panggung.

Hingga saat ini, ada sebuah brand clothing asal Korea Selatan yang sukses diakui level Internasional hingga banyak menggandeng brand-brand ternama. Sebut saja ‘Peaceminusone’, salah satu brand yang dilirik dan mampu berkolaborasi dengan VOGUE, NIKE, Converse, dan masih banyak lagi.

Salah satu brand clothing Korea, Peaceminusone, yang kolaborasi bersama NIKE

K-Music / K-Pop

Musik Korea yang pertama kali mengguncang dunia adalah lagu milik “Psy” berjudul “Gangnam Style”. Saat itu, lagu tersebut berhasil merajai anak tangga musik lebih dari 30 negara. Bahkan, hingga saat ini, MV “Gangnam Style” berhasil menjadi satu-satunya video musik Korea yang memiliki jumlah angka penonton fantastis, yaitu 3,4 Miliar penonton.

Tak hanya, Psy, juniornya saat ia masih berada di bawah naungan YG Entertainment, Bigbang, juga menjadi boygroup asal Korea Selatan yang berpengaruh di level Internasional. Bigbang merupakan grup K-Pop legendaris yang memperkenalkan Korean Wave dengan skala internasional. Melakukan debut pertama kali pada 19 Agustus 2019 di konser peringatan 10 tahun YG Family, kini Bigbang dikenal sebagai salah satu grup K-Pop paling berpengaruh dan sukses baik di dalam negeri maupun internasional.

Saat ini, popularitas K-Pop sendiri tengah dipegang oleh para boygroup generasi ketiga seperti EXO, TWICE, BLACKPINK, WINNER, iKon, Bangtan Sonyeodan atau biasa dikenal dengan sebutan BTS, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Boygroup legendaris, Bigbang

K-Community

Bagi kalian yang menyukai keanekaragaman tentang budaya Korea, saat ini, di Indonesia sudah banyak organisasi-organisasi yang menjembatani tentang Seni & Budaya Korea. Sebut saja salah satu organisasi yang terbesar di Indonesia adalah Korean Cultural Center Indonesia. Sebuah organisasi yang terafiliasi dengan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Republik Korea dan Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia. Sedangkan, untuk organisasi dari Indonesia yang juga menjadi jembatan antara Korea dan Indonesia adalah Indonesia Korea Friendship Association, atau yang disingkat IKFA.

Didirikan pada tahun 2005, IKFA dibentuk untuk mempersiapkan kolaborasi persahabatan antara Indonesia dan Korea. Saat ini, salah satu event yang menjadi acara tahunan dalam mempererat persahabatan antara Indonesia dan Korea yang diselenggarakan IKFA adalah Lari fun runSaranghae Merdeka 5K”. Digelar pada bulan Agustus lalu untuk memperingati hari kemerdekaan Korea, 15 Agustus, dan hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. (nika rakasiwi)

“Saranghae Merdeka 5K”




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »