Tujuan Komsos TNI Dengan Segenap Elemen Masyarakat Brebes

Brebes, Indikatornews.com

Satuan teritorial Kodim 0713 Brebes, menggelar acara Komunikasi Sosial (Komsos) dengan segenap komponen masyarakat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Selasa (22/6/2021).

Acara yang dilangsungkan di Aula Jenderal Soedirman Makodim Brebes dengan penerapan protokol kesehatan ini, dibuka oleh Kapten Infanteri Kunpriyanto, SE, Pjs. Pasi Pers mewakili Dandim.

Disampaikannya, Komsos adalah salah satu program kerja Kodim Brebes, dimana kegiatan ini untuk memelihara dan meningkatkan silaturahmi antara TNI dengan segenap komponen masyarakat.

“Kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tugas-tugas TNI di tengah-tengah mereka,” terangnya.

Lanjut Kapten Kunpriyanto, para peserta juga dibekali wawasan kebangsaan, 4 Konsensus Dasar Bangsa yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, termasuk didalamnya ketahanan nasional dan kewaspadaan nasional terkait pandemi covid-19.

“Para peserta kita ajak bersama-sama untuk berpartisipasi pada kepentingan bidang pertahanan negara, karena menjaga NKRI adalah hak dan kewajiban setiap warga negara,” tandasnya.

Selaku narasumber lainnya yaitu Drs. Kukuh Prasetyo, M.Si, selaku narasumber dari Badan Kesbangpol Kabupaten Brebes menjelaskan, metode pembinaan teritorial melalui Komsos yang dilakukan TNI di Brebes dinilainya sangat efektif untuk menggugah kesadaran segenap komponen masyarakat untuk ambil peran dalam usaha pertahanan negara yang menganut Sishankamrata.

“Seminar komunikasi sosial yang dilakukan Kodim Brebes bersama Bakesbangpol Brebes ini juga untuk mensosialisasikan norma-norma dan nilai-nilai sosial yang mampu mengatur tindakan masyarakat sehingga tercipta keseimbangan sosial antara hak dan kewajibannya sebagai warga negara, sehingga kelangsungan hidup bangsanya tetap terpelihara,” ujarnya.

Puncak acara dilakukan pemberian cindera mata secara simbolis kepada perwakilan peserta yang ditunjuk. (Aan)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »