Urai Kemacetan, Flyover Lingkar Utara Segera Dibangun

Tasikmalaya, Indikatornews.com

Untuk mengurai kemacetan dan memperpendek jarak tempuh serta meningkatkan keselamatan lalu lintas dan efisiensi, pemerintah Kota Tasikmalaya akan segera membangun jalan layang (Flyover), untuk menghindari daerah atau kawasan yang selalu menghadapi permasalahan kemacetan lalu lintas, melewati persilangan kereta api.

“DED nya sudah disiapkan, flyover ini akan mengurai kemacetan dan memperpendek jarak tempuh antara Ciamis tujuan garut dan sebaliknya. Jadi tak perlu melintasi Kota Tasikmalaya terlebih dahulu,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tasikmalaya Drs. Adang Mulyana disela Musrembang Sektoral PUPR di Aula kantor PUPR, kamis (21/2/2019)

 

Dengan bantuan Rp. 30 miliar serta Rp. 15 miliar untuk pematangan lahan, pemerintah Kota Tasikmalaya akan mewujudkan pembangunan flyover di wilayah lingkar utara yang akan memperlancar arus kendaraan dari arah timur. “Flyover yang melewati rel kereta api akan melalui jembatan Cikalang yang membutuhkan anggaran sebesar Rp. 150 miliar yang sedang kami ajukan ke pusat,” jelas Adang. Dia menambahkan, yang terpenting jalannya bisa terhubung. Jika anggarannya sudah mencukupi, bertahap bikin median jalan, jalan satu jalur dan pelengkap jalan lainnya.

Kepala Dinas PUPR Kota Tasikmalaya Drs. Adang Mulyana

Sementara itu, Walikota Tasikmalaya H. Budi Budiman membenarkan akan segera membangun flyover untuk menuntaskan jalur lingkar utara untuk mengurai kemacetan dan mengatakan seluruh kegiatan pembangunan harus berjalan dengan terus menggenjot pendapatan supaya melebihi dari target serta mempending kegiatan yang tidak penting. Namun demikian, pihaknya akan mengoptimalkan monitoring dan perencanaan serta efisiensi. “Selain kegiatan pembangunan 99%, penyerapannya di angka 97% selisih 6% setara dengan Rp. 50 miliar. Biasanya itu menjadi silpa di tahun 2019. Untuk itu, di Tahun 2019 kami akan lakukan efisiensi dan lakukan evaluasi sejak perencanaan,” jelas Budi

 

Pembangunan Flyover menurut Budi, merupakan bagian dari upaya untuk mengatasi permasalahan umum atas prioritas dan sasaran pembangunan daerah terkait belum optimalnya penyediaan infrastruktur perkotaan, permukiman dan pengelolaan lingkungan hidup sejalan dengan misi visi Kota Tasikmalaya untuk memantapkan infrastruktur dasar perkotaan guna mendorong pertumbuhan dan pemerataan pembangunan yang berwawasan lingkungan dengan sasaran peningkatan layanan infrastruktur dasar perkotaan yang mantap, aman, nyaman dan inklusif @ Ayi Darajat

 

 

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »