VERIFIKASI PENDAFTAR KARTU PEKERJA

Jakarta, Indikatornews.com
  

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di Ibu Kota, yakni dengan memperluas manfaat Kartu Pekerja Jakarta. Kebijakan ini pun disambut baik oleh para pekerja di Jakarta yang mulai mendaftarkan diri sebagai penerima Kartu Pekerja Jakarta. Hingga saat ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi DKI Jakarta telah menerima data dari 42 perusahaan, dengan jumlah pekerja sebanyak 1.195 orang. Dari data tersebut, Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta menyatakan 532 orang lolos verifikasi. Sedangkan, 663 orang masih dalam proses verifikasi.

Sebanyak 448 data peserta yang lolos verifikasi telah dikirimkan kepada Bank DKI untuk dilakukan pencetakan kartu, sementara 84 orang sisanya masih dalam proses pengajuan pencetakan kartu. Adapun pencetakan kartu terhadap 448 peserta tersebut melalui empat tahapan, dengan rincian sebagai berikut:
1.    Tahap 1 sebanyak 173 kartu;
2.    Tahap 2 sebanyak 160 kartu;
3.    Tahap 3 sebanyak 47 kartu;
4.    Tahap 4 sebanyak 68 kartu.

Sesuai dengan kesepakatan bersama Federasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh, Bank DKI, dan Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta, penyerahan Kartu Pekerja Jakarta kepada para pekerja untuk Tahap 1 dilaksanakan di Jak Grosir Perumda Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Kamis (15/11). Selain penyerahan kartu, dilakukan pula uji coba penggunaan Kartu Pekerja Jakarta di Jak Grosir Kramat Jati. “Penyerahan Kartu Pekerja hari ini merupakan bentuk kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya, sehingga terwujud Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah.

Untuk diketahui, penerima Kartu Pekerja Jakarta akan memperoleh tambahan manfaat diantaranya layanan naik TransJakarta gratis di 13 (tiga belas) koridor, anggota/member JakGrosir, penyediaan pangan dengan harga murah, dan bantuan biaya personal pendidikan (KJP Plus). Adapun syarat pengajuan Kartu Pekerja Jakarta, yaitu memiliki KTP DKI Jakarta, berpenghasilan maksimal setara dengan UMP + 10 persen UMP, dan tidak dibatasi masa kerja.

Mekanisme pengajuan Kartu Pekerja, sebagai berikut:
– Pemohon mengumpulkan fotokopi KTP, KK, NPWP, Slip Gaji, dan Surat Keterangan dari Perusahaan.
– Pendaftaran dilakukan melalui Dinas dan Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DKI Jakarta atau melalui Tim Kerja (Serikat Pekerja, Asosiasi, atau Disnaker).
– Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta melakukan verifikasi terhadap data permohonan yang diajukan.
– Pemohon melakukan pembukaan rekening Bank DKI (minimal deposit 50.000 rupiah) serta Bank DKI mencetak kartu bagi pemohon yang dinyatakan lolos verifikasi.
– Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta bersama Bank DKI akan mendistribusikan kartu di titik-titik yang telah disepakati dengan Federasi SP/SB.

Sebagai tambahan informasi, berikut adalah titik lokasi penyediaan pangan dengan harga murah bagi penerima Kartu Pekerja Jakarta.
–   Perumda Pasar Jaya (96 titik Lokasi).
–  RPTRA (110 titik Lokasi).
–  Rusun (18 titik Lokasi).
–  Meat Shop Dharma Jaya (2 titik Lokasi).
– Koperasi Serikat Pekerja yang ditetapkan Tim kerja.




One thought on “VERIFIKASI PENDAFTAR KARTU PEKERJA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »